HOME PARIWISATA PROVINSI SUMATERA BARAT

  • Kamis, 12 September 2019
Kadispar Sumbar: TdS Tetap Lewat Singkarak
Pesona danau Singkarak menjadi latar belakang para pebalap Tour de Singkarak

Padang (Minangsatu) - Menjawab simpang siur beberapa hari terakhir terkait rute TdS via Danau Singkarak, Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Sumatera Barat Oni Yulfian, Kamis (12/9) kepada wartawan menjelaskan TdS 2019 akan tetap melewati Danau Singkarak, namun belum ditentukan etape berapa. Diyakini pada tahun ini event internasional ini semakin meriah.

"Kepada masyarakat Sumbar diminta untuk bersabar menunggu keputusan final soal etape-etape yang akan ditempuh," katanya.

Menurut Oni, sengkarut informasi soal TdS tak melewati Danau Singkarak, seharusnya tidak terjadi, jika saja informasi mentah persiapan panitia, tidak tersebar luas.

Pada awalnya ada niat baik bupati Solok menarik start ke Taman Hutan Kota di Arosuka. Niat baik ini, otomatis menambah jarak ke Danau Singkarak sejauh 30 Km. Jika panitia pasif maka Singkarak memang tak bisa dilewati. Panjang rute ditambah 30 Km akan menyebabkan peserta kelelahan, tim tidak membenarkan hal itu terjadi.


"Tentu saja, itu tak boleh terjadi, namun sebelum persiapan matang, informasi sudah beredar luas, padahal kita sedang mencarikan cara bagaimana ada etape yang melewati Singkarak, " kata Oni.


Saat ini panitia sedang memikirkan dan merumuskan etape mana yang akan melintas di Singkarak.


"Jadi sebenarnya tidak ada pernyataan dari siapapun bahwa Singkarak takkan dilewati, " katanya.


Dalam beberapa hari ini akan dijelaskan etape TdS kepada masyarakat Sumbar, termasuk jumlah peserta dan dari mana saja.


TdS telah menjadi pembicaraan luas dalam beberapa hari belakangan. Ini disebabkan ada informasi soal tak lewat Singkarak. Berbagai pihak menyesali hal itu. Rupanya, panitia sudah  bertekad, Tds tetap lewat Singkarak. 

Menanggapi hal tersebut, Bupati Solok H. Gusmal, SE, MM mengungkapkan terima kasih kepada Segenap Pejabat Propinsi dan Tim tekhnis Tour de Singkarak serta Panitia Penyelenggara atas niat nya yang ber usaha tetap melewati Singkarak pada Tour de Singkarak kali ini.

"Terimakasih untuk segenap pihak terkait yang telah bekerja keras demi kelancaran event tahunan kita ini. Saya menyarankan Ettape I Pariaman Batusangkar bisa di setting untuk melewati Kab Solok/Singkarak krn jaraknya memungkinkan namun demikian Panitia dan Tim Tekhnis tentu akan lebih bijak mengatur Ettape dan jarak yang akan dilalui," papar Gusmal.

Lebih jauh Bupati Gusmal berhara kepada semua pihak untuk tidak mengekspos ke media hal-hal yang belum final. "Seperti yang kita  ketahui Panitia dan Tim teknis masih bermusyawarah untuk mencari solusi yang bisa mengakomodasi semua keinginan masyarakat di daerah ini. Hendaknya masyarakat dalam hal ini media juga bisa membangun kerjasama yang lebih positif," tuturnya.


Wartawan : Rivo Septian
Editor : melatisan

Tag :#TdS 2019