HOME OLAHRAGA NASIONAL

  • Sabtu, 19 November 2022
Hasil Cabor Voli Pada Hari Pertama: Papua Barat Berhalangan Hadir, Sumbar Gagal Tampil
Tim Bola Voli Jatim

Padang (Minangsatu) - Pertandingan Bola Voli Pekan Olahraga Mahasiswa Nasional (POMNas) Sumatera Barat 2022 dimulai pada Sabtu (9/11/2022) di GOR Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) Universitas Negeri Padang. Voli Putra diikuti sebanyak 11 provinsi dan voli putri diikuti sebanyak 6 provinsi. 

“Sebenarnya yang terdaftar ada 12 putra tapi Papua Barat berhalangan hadir,” kata Penanggungjawab pertandingan Voli, Dr. Tirto Apriyanto, M.Si saat ditemui Minangsatu. 

Mundurnya kontingen Papua Barat membuat tim voli putra tuan rumah Sumatera Barat gagal tampil pada hari pertama ini. 

Laga pembuka yang mempertemukan antara tim DKI Jakarta versus Banten berhasil dimenangkan oleh tim Ibu Kota tiga set langsung 25-14, 25-22, 25-14. Sementara kontingen Jawa Timur berhasil kandaskan perlawanan kontingen Jambi dengan skor 3 dengan perolehan poin 25-19, 25-18, 25-18. Dengan hasil itu DKI Jakarta berada pada puncak klasemen Pool C, diikuti Jatim pada posisi kedua, sementara Jambi dan Banten masing-masing pada peringkat tiga dan empat. 

Selanjutnya pada Pool A, kontingen Riau berhasil amankan tiga poin usai kalahkan kontingen Aceh dengan perolehan angka 25-11, 25- 12, 25-19. Sementara Sumatera Barat yang dijadwalkan bertemu Papua Barat gagal tampil dikarenakan berhalangan hadir. Riau berada pada peringkat pertama, sementara Sumbar dan Aceh berada dibawahnya. 

Sementara pada Pool B, Sang Bumi Ruwai Jura Lampung harus mengakui ketangguhan kontingen Bangka Belitung tiga set langsung 28-30, 23-25, 17-25. Disisi lain, kontingen Jawa Barat juga harus bertekuk lutut atas tim voli putra Jawa Tengah tiga set langsung dengan skor 25-19, 32-30, 25-15. Pool B dipimpin Jateng pada puncak klasemen, Babel menempel pada posisi kedua, Lampung dan Jabar masing-masing pada peringkat tiga dan empat. 

Pada voli putri yang tergabung kedalam pool Y, tim tuan rumah Sumbar berhasil menang atas Riau dengan skor 3-0.  Setelahnya DKI Jakarta yang bertemu Lampung juga memperoleh kemenangan 3-0. Sementara, kontingen Jawa Tengah yang bertemu Sumatera Selatan berhasil dimenangkan Jateng dengan skor 3-0. Dengan hasil tersebut, Sumbar memimpin pada puncak klasemen, diikuti DKI Jakarta dan  Jateng pada peringkat ketiga.

Tirto Apriyanto menghimbau kepada seluruh atlet yang bertanding untuk selalu bermain sportif dan semangat memperjuangkan tim nya untuk meraih juara. Ia menambahkan tim yang menjuarai cabor Voli ini akan dikirim mewakili Indonesia untuk Pekan Olahraga Asean pada tahun berikutnya. 

“Tim juara akan dikirim ke POM Asean, namun POM Asean tahun ini sudah berlangsung tiga bulan yang lalu mungkin untuk sesi berikutnya para juara akan dibawa ke ajang Asia Tenggara,” pungkasnya.


Wartawan : Habil
Editor : boing

Tag :#pomnas2022 #voli #futsalputri #pomnasxvii #unp #bapomi #mendikbud

Baca Juga Informasi Terbaru MinangSatu di Google News