HOME OLAHRAGA RANTAU

  • Kamis, 5 Mei 2022
Epic Comeback, Bungkam Man City, Real Madrid Tantang Liverpool Di Final
Rodrygo Goes, 2 golnya menjadi "epic comeback" saat menundukkan Man. City di Semifinal Leg 2 UCL 2021/2022 Foto: Kompas.com

Madrid (Minangsatu) - Laga sensasional tersaji di Santiago Bernabeu Rabu (4/5/2022) malam waktu lokal atau Kamis (5/5/2022) dini hari WIB. Sempat tertinggal 0-1 oleh gol Riyad Mahrez, Real Madrid akhirnya “epic comeback” untuk menumbangkan wakil Inggris 3-1 (aggregat 6-5) Manchester City di leg ke-2 babak semifinal Liga Champions 2021/2022. 

Dua gol Rodrygo Goes di penghujung babak ke-2 dan 1 gol Benzema di babak ekstra time berhasil mengantarkan Real Madrid ke babak final UCL untuk ke 17 kalinya dan berpeluang merengkuh gelar ke 14 sepanjang keikutsertaanya pada ajang yang memperebutkan trofi “si kuping besar” tersebut.

Real Madrid unggul agregat 6-5 atas Man City setelah pada leg pertama menyerah 3-4 di Etihad Stadium. Berkat hasil ini, “Los Blancos” akan menghadapi wakil, Liverpool, yang lolos ke final usai menyingkirkan Villarreal dengan agregat 5-2 (2-0, 3-2). 

Jalannya pertandingan

Laga bermula dengan dominasi anak asuh Pep Guardiola. Man City lebih efektif dalam penguasaan bola dan penetrasi ke kotak penalti. Hingga menit 20, penjaga gawang Madrid, Thibaut Courtois dibuat jatuh bangun untuk menyelamatkan gawangnya dari kebobolan.

Dua menit berselang, Madrid kmendapatkan peluang berharga. Namun tembakan Benzema tidak mengarah ke gawang. Disisi lain, lewat aksi Kevin De Bruyne dan Bernardo Silva, Manchester City terus menggempur gawang Courtois. Pemain asal Belgia tersebut pun tampil apik menggagalkan dua peluang tersebut. Gabriel Jesus nyaris memecah kebuntuan pada menit 23. Namun tembakan pemain asal Brasil tersebut masih melebar tipis. 

Madrid kembali mendapat ancaman pada menit 39. Phil Foden melesakkan tembakan keras, namun masih mampu diantisipasi Thibaut Courtois. Tidak ada gol tercipta hingga babak pertama berakhir. 

Memasuki babak kedua, Madrid terlebih dahulu membuka peluang pada menit 46. Namun tembakan Vinicius Junior masih belum juga mengarah ke gawang. Empat menit berselang, Man City justru nyaris memecah kebuntuan. Tapi tembakan Gabriel Jesus lagi-lagi berhasil diamankan Thibaut Courtois. 

Man City seakan-akan sudah dekat ke partai final UCL saat  tembakan kaki kiri Riyad Mahrez menghujam deras ke gwang Courtouis pada menit 73. Assist Bernardo Silva langsung dihajar oleh pemain asal Aljazair tersebut. 

Unggul 1 gol membuat Man City semakin menjadi-jadi menekan pertahanan Real Madrid. Jack Grealish melesakkan tembakan menyusur tanah berbahaya pada menit 86, namun masih mengenai kaki Thibaut Courtois. 

Namun bukan Real Madrid namanya kalau tidak punya mental juara. Harapan itu muncul pada menit 90. Berawal dari umpan Karim Benzema, Rodrygo Goes menyontek bola ke gawang Ederson.

Laga berubah menjadi dramatis kala memasuki menit injury time. Rodrygo Goes kembali menjadi pahlawan Madrid kala tandukannya merobek jala gawang Ederson, skor berubah menjadi 2-1 untuk Madrid, agregat berubah imbang menjadi 5-5. 

Laga berlanjut ke babak ekstra time. Karim Benzema langsung menebar ancaman.  Namun tembakannya masih mampu dihalau Ederson. Semenit berselang, laga pun memanas kala Karim Benzema dijatuhkan Ruben Dias di kotak terlarang. Daniele Orsato Wasit asal Italia yang jadi juru pengadil langsung menunjuk titik putih. Benzema yang bertindak sebagai eksekutor langsung menjalankan tugasnya dengan tenang, skor berubah menjadi 3-1 dan Madrid berhasil comeback dengan agregat 6-5. 

Man City hampir menyamakan agregat jelang berakhirnya injury time babak pertama. Namun sontekan Fernandinho dari jarak dekat gagal berbuah gol, padahal bola sudah kosong. Tidak ada gol tambahan hingga laga berakhir. Madrid pun menantang Liverpool di partai final Liga Champions musim 2021-2022 yang akan dihelat pada Sabtu (28/05/2022) atau Minggu dini hari (29/05/2022) WIB di Stade de France, Prancis.*


Wartawan : Rivo
Editor : Benk123

Tag :#ucl20212022, #semifinalucl2022, #realmadrid, #manchestercity, #losblancos, #bolaminangsatu, #lensabolaminangsatu