HOME SOSIAL BUDAYA NASIONAL

  • Rabu, 8 Desember 2021
Dr. Nofrion, M.Pd Juara 1 Lomba Menulis Esai Tingkat Nasional Tahun 2021
Dr. Nofrion, M.Pd

Padang (Minangsatu) - Dalam rangka memperingati Hari Guru Nasional (HGN), Himpunan mahasiswa Program Studi S3 Ilmu Keguruan Bahasa, Fakultas Bahasa dan Seni (FBS) Universitas Negeri Padang (UNP) melaksanakan kegiatan Lomba Penulisan Esai Nasional Tahun 2021.

Vivi Indriyani, ketua panitia penyelenggara lomba penulisan esai nasional tahun 2021 menyampaikan,  lomba ini diselenggarakan dalam rangka memperingati HGN dan mendapatkan tanggapan positif dan diikuti oleh dosen, guru dan mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi dan sekolah di Indonesia. 

Dekan FBS UNP, Prof. Dr. Ermanto, S.Pd., M.Hum yang hadir dalam kegiatan malam anugerah pengumuman pemenang Lomba penulisan esai nasional tahun 2021 pada Sabtu (4/12) secara virtual, menyampaikan apresiasi atas lomba yang diselenggarakan oleh Hima Prodi S3 Ilmu Keguruan Bahasa untuk yang pertama tahun 2021 dan diharapkan dapat dilaksanakan secara berkelanjutan.

Lebih lanjut, Koordinator Program Studi S3 Ilmu Keguruan Bahasa FBS UNP, Prof. Dr. M. Zaim, M.Hum. menyampaikan bahwa kegiatan lomba penulisan lomba esai ini merupakan rangkaian dari berbagai kegiatan yang diselenggarakan oleh Hima Prodi S3, yang sebelumnya telah melakukan pelatihan penulisan proposal penelitian disertasi doktor dan konferensi internasional yang diapresiasi oleh sivitas akademika di Indonesia.

Setelah menilai semua naskah yang masuk ke panitia, Dewan Juri yang diketuai oleh Prof. Dr. Haris Effendi Thahar, M. Pd  memutuskan Dr. Nofrion, M. Pd dari Universitas Negeri Padang sebagai  Juara 1 dengan judul Esai yaitu Guru Abad 21; Berubah atau Diubah. Selain menilai konten dan gaya penyampaian gagasan dalam esai, juri juga mempertimbangkan nilai kemiripan atau The Similirity dari esai tersebut. Esai Dr. Nofrion, M. Pd memiliki nilai The Similirity yang rendah yaitu 3% dan layak menjadi esai terbaik tahun ini. Berikut pemenang Lomba Esai Nasional dalam Rangka Hari Guru Nasional Tahun 2021. Pemenang 1 adalah Nofrion dari Universitas Negeri Padang dengan judul esai "Guru Abad 21; Berubah atau Diubah"; Pemenang 2 adalah Apri Pendri dari Universitas Sebelas Maret dengan judul esai "Merdeka Belajar (Belajar Merdeka); Pemenang 3 adalah Dinovia Vennil Kher dari Universitas Negeri Padang dengan judul esai "Guru dan Teknologi; Teman Baik di Era Pandemi". 

Pemenang Harapan 1 adalah Nofrahadi dari Universitas Sebelas Maret dengan judul esai "Tantangan Guru di Era Pandemi; Pemenang Harapan 2 adalah I Komang Budiarta dari Universitas Mahasaraswati Bali dengan judul esai "Guru di Era Covid-19 Digital Native versus Versus Digital Immigrant"; Pemenang Harapan 3 adalah Harry Andeska dari Universitas Maritim Raja Ali Haji dengan judul esai "Profesional Guru dan Keberkahan Pandemi Covid-19". 


Wartawan : Bayu Pamungkas
Editor : melatisan

Tag :#Lomba menulis esei