HOME WEBTORIAL KABUPATEN LIMAPULUH KOTA

  • Rabu, 3 November 2021
Di Tinjau Bupati Syafaruddin, Sumbar Sadar Vaksin Di SMP 1 Mungka Sukses
Bupati Kabupaten Limapuluh Kota, Syafaruddin Datuak Badaro Rajo, SH

Limapuluh Kota, (Minangsatu) - Dalam rangka mengejar capaian target vaksinasi Covid-19, Pemerintah Kabupaten Limapuluh Kota gencar menggelar kegiatan Vaksinasi di berbagai titik, salah satunya kegiatan vaksinasi yang bertajuk Gebyar Sumbar Sadar Vaksin di SMPN 1 Mungka, Kecamatan Mungka. 

Bupati Kabupaten Limapuluh Kota, Syafaruddin Datuak Badaro Rajo, SH mengatakan, bahwa vaksin merupakan salah satu hal yang sangat penting untuk mencegah infeksi virus corona (Covid-19) dan mencapai kekebalan kelompok (herd immunity). 

"Kami datang kesini untuk mengajak kita semua meningkatkan kesadaran agar mau untuk di vaksin. Kenapa?, karena vaksin itu baik untuk diri kita dan orang-orang disekeliling kita, jadi jangan takut untuk divaksin" kata Bupati Syafaruddin saat menghadiri kegiatan Gebyar Sumbar Sadar Vaksin di SMPN 1 Mungka, Rabu (3/11). 

Ia menekankan, bahwa vaksin tidak hanya berguna untuk persyaratan pengurusan kepentingan kepemerintahan atau untuk beekunjung ke tempat ramai, namun vaksin berguna untuk mencegah diri kita dari Covid-19 dan mencapai herd immunity. 

"Saya tekankan, jangan jadikan vaksin sebagai alasan hanya untuk mengurus kepentingan ke pemerintah atau untuk berkunjung ke tempat-tempat ramai, tetapi agar kita semua terhindar dari Covid-19" katanya. 

Bersamaan dengan Gebyar Sumbar Sadar Vaksin yang digelar di SMPN 1 Mungka tersebut, ditempat yang sama Bupati Syafaruddin bersama Kapolres Limapuluh Kota AKBP Trisno Eko Santoso, Polsek Mungka, Kejaksaan Negeri Tanjung Pati, Pengadilan Agama Tanjung Pati, dan Kepala OPD, juga mengikuti Kegiatan Interaktif Zoom meeting Kapolri/ Panglima TNI bersama Gubernur, Bupati/ Walikota dan Forkopimda. 

"Mari kita tingkatkan kesadaran vaksin kita di Limapuluh Kota, agar target 70 persen vaksinasi Covid-19 yang disampaikan bapak Kapolri saat Zoom meeting tadi hingga akhir Desember 2021 tercapai" kata Bupati. 

Selain itu, Bupati Syafaruddin juga mengajak para guru, murid dan wali murid serta masyarakat se-Kabupaten Limapuluh Kota untuk segera ikut vaksinasi Covid-19 yang digelar diberbagai titik dan puskesmas. Bupati berharap dengan telah mencapai target vaksinasi, sekolah kembali normal seperti sebelum pandemi Covid-19 mewabah. 

"Yang belum divaksin jangan takut, mari kita ikut dan sukseskan kegiatan vaksinasi di fasilitas-fasilitas yang telah disediakan dan puskesmas-puskesmas terdekat" ajak Bupati. 

"Kenapa harus vaksin, karena kita sudah merasanakan bagaimana keadaan ekonomi dan sekolah kita selama lebih kurang 2 tahun ini, tentu kita tidak ingin hal serupa terus terjadi di Limapuluh Kota. Saya berpesan, agar guru dan anak didik serta kita semua sudah di vaksin, agar nanti sekolah bisa kembali melaksanakan PBM secara normal" tambahnya. 

Sementara itu, Kapolres Limapuluh Kota AKBP Trisno Eko Santoso sangat bangga dan gembira dengan antusias masyarakat Limapuluh Kota yang sudah mau untuk ikut dan mensukseskan kegiatan vaksinasi Covid-19. 

"Saya sangat senang melihat antusias masyarakat untuk ikut vaksinasi, khususnya masyarakat mungka ini. Vaksin sangat penting untuk kesehatan kita, khususnya penyakit yang dibawa Covid-19 dan menghindari kita dari kematian. Meskipun kita tahu bahwa kematian datangnya dari Allah SWT, namun meskipun begitu kita juga harus berusaha dan tawakal" kata Kapolres. 

Ia mengingatkan, masyarakat Kabupaten Limapuluh Kota agar cerdas dalam menerima informasi dan jangan percaya hoax yang beredar di tengah-tengah masyarakat tentang vaksin Covid-19.

"Saya ingatkan agar kita semua jangan  percaya hoax, vaksin ini telah teruji jadi percayalah kepada ahlinya" sebut Kapolres. 

Kapolres juga mengajak, Ninik Mamak, Alim Ulama, Cadiak Pandai, wali jorong, wali nagari, dan tokoh-tokoh masyarakat agar membawa warga dan keluarganya untuk ikut mensukseskan vaksinasi Covid-19 yang di gelar Pemerintah Daerah Kabupaten Limapuluh Kota. 

Selain bisa meningkatkan kekebalan terhadap infeksi virus Covid-19, kapolres AKBP Trisno Eko Santoso mengatakan, jika sudah menerima suntik vaksin, bisa memudahkan dalam melaksanakan berbagai kegiatan. 

"Vaksin ini membuat kita mudah melaksanakan kegaiatan dimanapun, karena saat ini dimanapun mewajibkan kita melihatkan kartu vaksin baik manual ataupun melalui aplikasi. Seperti ibadah Umrah, Haji, mengunjungi keluarga ke luar daerah, bepergian keluar negeri dan berbagai keperluan lainnnya. Jadi setelah divaksin kita jadi sehat dan dimudahkan" pungkasnya.

Kegiatan vaksinasi yang digelar di SMPN 1 Mungka tersebut menghadirkan vaksinator dari Puskesmas Mungka sebanyak 42 orang, yang terdiri dari sembilan orang tukang suntik, dua orang dokter dan satu orang apoteker serta 29 anggota lainnya. 

"Kita sudah siap tempur melayani masyarakat, hari ini kita menyiapkan tenaga vaksinator berumlah 42 orang, dimana dari 42 orang ini sebanyak 13 orang sudah bersertifikat yakni, 9 orang tukang suntik, 2 Dokter dan 1 orang Apoteker" kata drg. Yone Akdes, MKM. 

Ia mengatakan, Gebyar Sumbar Sadar Vaksin di Limapuluh Kota, Rabu (3/11) tersebut menargetkan 1000 orang masyarakat menerima suntik vaksin. 

Sementara itu, kepala sekolah SMPN 1 Mungka Zurniati mengatakan, bahwa kegiatan vaksinasi ini merupakan kegiatan vaksinasi Covid-19 ketiga kalinya di gelar disekolah yang dipimpinnya. Ia berharap, dengan telah divaksinnya para guru dan murid SMPN 1 Mungka serta wali murid bisa menghindari bahaya dari virus Covid-19. 

"Murid kita sekarang berjumlah 316 orang, pada pelaksanaan vaksinasi sebelumnya, sebanyak 162 orang siswa sudah divaksin. Nah, hari ini kita akan melakukan vaksinasi kepada 150 orang murid yang belum divaksin, serta juga kepada para wali murid" katanya. 

Ia mengatakan, dirinya merasa bangga kegiatan Gebyar Sumbar Sadar Vaksin yang mana kegiatan ini merupakan kegiatan Kabupaten digelar di sekolah yang dipimpinnya. 

"Alhamdulillah, setelah divaksin anak didik kita sehat walafiat" ungkap Zurniati. 


#lipsuspemkab50kota


Wartawan : fegi
Editor : boing

Tag :#LimaPuluhKota#Vaksin#Kapolri#Covid-19#Sumbar