HOME PARIWISATA KOTA PAYAKUMBUH

  • Minggu, 24 Februari 2019
Dapoer Rendang Riry, Menjelajah Mancanegara
Dapoer Rendang Riry ramai dikunjungi

Payakumbuh (Minangsatu) - Haris Budiman mungkin tidak menyangka usaha Dapoer Rendang  Riry yang dirintisnya dari nol bersama sang istri, Ratna Juwita, akan sesukses sekarang ini. Betapa tidak, produksi Rendang Riry kini telah merambah ke berbagai kota di Indonesia dan sejumlah negara di dunia.

Di Indonesia, Rendang Riry telah merambah ke sejumlah kota. Antara lain Jakarta, Palembang, Semarang, Surabaya, Pekanbaru, Batam, Medan, dan lainnya.  Sedangkan, ke mancanegara, sejumlah negara berhasil ditembus Rendang Riry, antara lain, Hongkong, Malaysia, dan Arab Saudi (Jeddah).

“Awalnya saya dan istri tidak akan menyangka akan sebesar ini, dan Alhamdulillah sekarang Rendang Riry selain sudah merambah Indonesia juga sudah ada di negara-negara lain seperti Hongkong, Malaysia dan Arab Saudi,” Kata Haris Budiman. 

Haris Budiman yang lahir di Padang, 12 Juli 1970 dan Ratna Juwita kelahiran Payakumbuh, 22 September 1977, bersama-sama memulai usaha rendang pada tahun 2000 silam.  Saat memulai usaha, Haris dibantu dua karyawan bagian dapur. Sedangkan, untuk pemasaran langsung ditangani Haris bersama sang istri.

“Awalnya kami buka usaha Rendang ini sekitar tahun 2000, saat itu kami dibantu dua orang karyawan, keduanya bagian dapur dan untuk pemasaran ya kami sendiri," katanya.

Perlahan namun pasti, usaha Rendang Riry  terus berkembang. Kini jebolan SMAN 1 Payakumbuh itu  memperkerjakan enam karyawan bagian dapur dan empat karyawan bagian pemasaran.

Baginya, program Walikota dan Wakil Walikota Payakumbuh, H. Riza Falepi. ST. MT dan Erwin Yunaz. ST. MM  yang akan memasarkan rendang ke Arab Saudi sangat dia sambut gembira.  Karena itu juga, Rendang Riry akan ambil bagian dalam pemasaran produknya ke negara tersebut.

“Program Bapak Walikota Riza Falepi sangat bagus serta kami sambut gembira, kami juga bakal ambil bagian dalam program pemasaran ke Arab Saudi tersebut," katanya.

Saat ini lanjut pria yang hobi senam artistik  ini, produksi Rendang Riry bisa menghabiskan lebih kurang 20 kg daging dan 20 kg paru setiap harinya. Selain itu Dapoer Rendang Riry juga memproduksi kuliner khas Payakumbuh lainnya.

Selain terus menggenjot pemasaran untuk mengembangkan usahanya, Haris juga tidak lupa dengan kenyamanan pengunjung. Di awal tahun 2019 ini, Haris membangun mushola yang dilengkapi dengan kamar mandi dan toilet didekat ruko Dapoer Rendang Riry.  Dengan demikian, pengunjung bisa berbelanja, beristirahat dan menunaikan shalat  di ruko Rendang Riry. (fgi)


Wartawan : te
Editor :

Tag :Dapoer Rendang Riry #Randang #Payakumbuh