HOME SOSIAL BUDAYA KOTA SOLOK

  • Jumat, 9 April 2021
Wako Buka Rakerda IX TP PKK Kota Solok Tahun 2021
Walikota Solok Zul Elfian Umar ketika membuka Rakerda TP PKK Kota Solok.

Solok (Minangsatu) - Walikota Solok Zul Elfian Umar mengakui untuk pembangunan di Kota Solok PKK cukup berperan, terutama dalam meningkatkan peran partisipasi kaum ibu mulai dari tingkat Kelurahan sampai tingkat Kota.

"Kedepan pengabdian serta upaya yang telah dilakukan selama ini dalam mendukung program pemerintah untuk meningkatkan taraf hidup dan penghidupan keluarga-keluarga yang berada di Kota Solok sudah cukup dirasakan dan ditingkatkan," harap Zul Elfian Umar dalam sambutannya ketika membuka Rapat Kerja Daerah (Rakerda) IX Tim Penggerak PKK Kota Solok tahun 2021 di Gedung Kubung Tigo Baleh, Jumat (9/4/21) pagi.

 Selanjutnya Walikota mengatakan InsyaAllah forum ini menjadi sarana untuk saling bertukar pikiran, terutama dalam rangka mengembangkan peran PKK sebagai salah satu komponen pendukung pembangunan.

Hal ini, lanjut Zul Elfian Umar penting karena PKK telah berperan sebagai mitra strategis pemerintah khususnya terkait pemberdayaan potensi masyarakat berbasis keluarga. Lahirnya gerakan PKK bisa disebut sebagai jawaban terhadap kebutuhan organisasi pemberdayaan masyarakat menuju terwujudnya keluarga bahagia, sejahtera, maju, mandiri dan terpenuhi semua kebutuhannya secara optimal.

Walikota Zul Elfian minta dalam Rapat Konsultasi TP-PKK Kota Solok Tahun 2021 keluarga-keluarga sejahtera ini untuk melihat dan mencermati potensi gerakan PKK, dalam momentum rapat konsultasi/ rakerda dan Peringatan Hari Kesatuan Gerak PKK ke-49, ada beberapa hal yang menjadi harapan besar untuk TP PKK Kota Solok, yaitu 1. Perkuat manajemen kelembagaan PKK dengan tenaga yang memiliki kemampuan Informasi dan Teknologi.
2. Kembangkan jaringan kemitraan yang bersinergi dengan OPD dan lembaga kemasyarakatan lainnya, agar program dan kegiatan PKK selalu sejalan dengan program dan kegiatan yang dicanangkan oleh pemerintah dalam mewujudkan visi dan misi Kepala Daerah. 
3. Tingkatkan SDM dan kemampuan jajaran TP. PKK agar memiliki perspektif yang jauh ke depan serta memiliki inovasi yang tinggi dalam melaksanakan 10 program pokok PKK. 
4. Segenap jajaran PKK dapat memahami aspirasi kebutuhan dan masalah yang dihadapi masyarakat.
5. Dengan berakhirnya kepengurusan TP. PKK Kota Solok periode 2016-2021, maka sudah saatnya membentuk kepengurusan yang baru, dengan anggota yang mau bekerja, memiliki waktu untuk bekerja secara ikhlas membangun masyarakat yang maju sejahtera.

Wako berharap Rakon PKK tahun ini menjadi momen kebangkitan PKK dalam menggali potensi stakeholders agar secara bersama-sama membantu memberdayakan potensi masyarakat melalui keluarga.*


Wartawan : Zulnazar
Editor : Benk123

Tag :#kotasolok