HOME NASIONAL NASIONAL

  • Selasa, 20 Februari 2024

RAKERNAS FKPT XI 2024 : Bersatu Melaju Untuk Indonesia Maju

Kepala BNPT, Rycko Amelza Dahniel menyambut Plt Menkopolhukam Tito Karnavian pada Rakernas FKPT XI, Selasa (20/2/2024) di Jakarta. Foto ist.
Kepala BNPT, Rycko Amelza Dahniel menyambut Plt Menkopolhukam Tito Karnavian pada Rakernas FKPT XI, Selasa (20/2/2024) di Jakarta. Foto ist.

RAKERNAS FKPT XI 2024 : Bersatu Melaju untuk Indonesia Maju


Jakarta (Minangsatu) - Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) menyelenggarakan Rapat Kerja Nasional Forum Koordinasi Pencegahan Terorisme yang diikuti seluruh 34 perwakilan pengurus FKPT se Indonesia di Hotel Royal Kuningan Jakarta, 19-22 Februari 2024.

Salah satu rangkaian kegiatan pada acara tersebut adalah pembagian komisi-komisi ; komisi bidang agama, sosial dan budaya, komisi bidang perempuan, anak dan remaja komisi bidang pemuda dan pendidikan, komisi bidang media massa, hukum dan humas serta bidang penelitian. Komisi-komisi tersebut secara spesifik membahas rencana kegiatanmasing-masing FKPT selama tahun 2024.

Rapat Kerja Nasional FKPT diharapkan menjadi ajang silaturahmi, presentasi dan diskusi, merancang program kegiatan selama 1 (satu) tahun. Rakernas FKPT adalah salah satu upaya BNPT untuk meningkatkan kualitas program pelibatan masyarakat dalam pencegahan terorisme, baik substansi dan teknis kegiatan, maupun akuntabilitas keuangan dan kelembagaan.

Pembukaan Rakernas FKPT XI di Royal Kuningan Hotel, Jakarta.

Kasubdit Pemberdayaan Masyarakat Kolonel sus. H. Dr. Harinto., M.Pd, mengatakan bahwa Pengurus FKPT memainkan peran akselerasi informasi, deteksi dini, serta melaksanakan kebijakan dan strategi pencegahan terorisme di masing-masing daerah. “Pengurus FKPT di 34 provinsi dan 2 kabupaten memainkan peran akselerasi informasi, deteksi dini serta melaksanakan kebijakan dan strategi pencegahan terorisme di masing-masing daerah,” ujar Dr. Harianto.

Ditambahkan bahwa pencegahan radikalisme dan terorisme bukan hanya tanggung jawab pemerintah, namun juga seluruh lapisan masyarakat. FKPT berkomitmen untuk terus bekerjasama demi menciptakan lingkungan yang damai untuk semua warga Indonesia. “Dengan tugas dan tujuan mulia tersebut, anggota FKPT diharapkan dapat pula merangkul semua pihak di daerah dengan semangat kebangsaan dalam penanggulangan radikalisme terorisme demi menciptakan lingkungan yang damai,” harap Harianto.

Sementara itu Ketua FKPT Sumatera Barat, Dr. Adil Mubarak, menilai Rakernas ke 11 ini semakin memantapkan program kerja satu tahun ke depan di berbagai bidang. "Apalagi banyak pembekalan yang diberikan Pak Tito (Plt. Menkopolhukam, Tito Karnavian) tentang sejarah dan penanggulangan terorisme di Indonesia dan belahan dunia," sebut Adil. Selain itu Kepala BNPT, Komjen Rycko Amelza Dahniel juga melakukan kolaborasi dengan Menpan RB, Abdullah Azwar Anas yang berbagi pengetahuan dunia digitalisasi. "Pemerintah memang menuju sistem digital menyeluruh di segala bidang agar tercipta kemudahan kerja, penyatuan data dan potensi, serta ancaman. Kita mendapat tambahan ilmu dan wawasan dari narasumber yang dihadirkan pada Rakernas 2024," jelas dosen Universitas Negeri Padang itu.

Ketua dan Sekretaris FKPT Sumbar,  Adil Mubarak dan Fajar Noor Ramadhian.

Sumbar dalam gelar budaya pada Rakernas FKPT kali ini menampilkan Srikandinya Ruri Juswira, dalam pakaian khas Minang, Baju Kuruang Basiba jo Tingkukuak Sungayang. Ini adalah pakaian sehari-hari perempuan Minangkabau, yang mengedepankan ciri religius, menutup aurat, memelihara harkat dan martabat namun tetap berlapang hati dan berwawasan luas.

Dikatakan FKPT Sumbar hadir secara lengkap, selain Ketua Adil Mubarak, juga Wakil Ketua/Bendahara Ridwan Hosen, Sekretaris Fajar Noor Ramadhian, Kabid Penelitian Pengkajian dan Penelitian Aidil Aulya, Kabid Perempuan dan Anak, Ruri Juswira, Kabid Agama, Sosial Ekonomi dan Budaya, Tuanku Rahmat Sulaiman, Kabid Media Massa, Hukum dan Humas, Heranof Firdaus, Kabid Pemuda dan Pendidikan Deri Rizal Bendang, diwakili Satgas Eko Yanche Edrie.

Rapat Kerja Nasional FKPT ke-XI menghasilkan serangkaian rekomendasi dan keputusan yang menjadi dasar untuk perencanaan program kerja ke depan, FKPT berkomitmen untuk terus bekerja keras demi kemajuan BNPT dalam mencegah paham radikalisme terorisme. Rakernas ditandai dengan Kesepakatan Rencana Aksi Kegiatan Sinergitas Kementerian dan Lembaga tahun 2024 dan penandatangan Pakta Integritas.

 

Bunga Cinta Untuk SMSI
minangsatu > Nasional


Wartawan : Rilis/Fkpt/Batuah
Editor : ranof

Tag :#Rakernas Fkpt XI 2024#Bnpt #Fkpt #Sumbar #Jakarta

Baca Juga Informasi Terbaru MinangSatu di Google News

Ingin Mendapatkan Update Berita Terkini, Ayu Bergabung di Channel Minangsatu.com