HOME VIRAL UNIK

  • Senin, 28 September 2020
Rayakan Cai Luong, Ini Informasi dari Google Doodle
Google Doodle Cai Luong “Hari Panggung Vietnam”

JAKARTA, (Minangsatu) - Seperti biasa, google doodle hampir tidak pernah absen merayakan peristiwa penting di dunia. Hari ini, Senin (28/9) halaman utama google menampilkan ilustrasi berupa penampilan panggung yang dibawakan oleh laki-laki dan perempuan yang berpakaian adat. Di sampingnya juga terdapat pemain musik dengan alat musik yang berbeda-beda antara satu dengan lainnya.

Berdasarkan laman resmi google diketahui bahwa google doodle tengah merayakan Cai Luong, gaya opera rakyat Vietnam Selatan modern dalam rangka memperingati Hari Panggung Vietnam. Ini merupakan perayaan tahunan kekayaan sejarah teater di negara tersebut.

Perpaduan pengaruh tradisional dan kontemporer, Cai Luong menggabungkan opera dengan drama lisan untuk menciptakan ekspresi budaya dan identitas Vietnam yang dinamis. Jika secara bebas dapat disebut sebagai “teater reformasi” bentuknya berevolusi dari opera tradisional pada pergantian abad ke-20.

Cai Luong menghidupkan berbagai cerita dengan iringan orkestra yang berupa instrumen tradisional Vietnam mulai dari legenda kuno raja dan prajurit sampai dengan eksplorasi tema sosial modern Vietnam. Meskipun materi subjeknya berbeda-beda, ada salah satu elemen yang umum digunakan yakni struktur lagu melankolis khas yang bisa disebut sebagai nostalgia masa lalu.

Setelah lebih dari satu abad kelahirannya, Cai Luong masih dinikmati sebagai salah satu bentuk seni Vietnam yang unik sekaligus penghubung penting tentang sejarah negara pada masa sekarang. (*)


Wartawan : Sabrina Fadilah Az-zahra
Editor : Fadli

Tag :google doodle, cai luong, hari panggung vietnam, viral, unik,