HOME SOSIAL BUDAYA KABUPATEN AGAM

  • Minggu, 16 Juli 2023

Peduli Bencana, Semen Padang Kirim Sembako Dan Relawan TRC Ke Agam

Padang, (Minangsatu) - Sebagai bentuk kepedulian terhadap bencana alam banjir bandang dan tanah longsor yang terjadi di beberapa titik di Kabupaten Agam, PT Semen Padang mengirimkan bantuan sembako, Minggu (16/7/2023).

Bantuan sembako berupa beras sebanyak 60 kg, mie instan 10 karton, air mineral 10 karton, sarden 15 kaleng, selimut sebanyak 30 helai dan 8 helai terpal itu, disalurkan melalui Tim Advance, Tim Reaksi Cepat (TRC) Semen Padang. 

Kepala Unit Humas & Kesekretariatan PT Semen Padang Nur Anita Rahmawati mengatakan, bantuan sembako dikirim ke lokasi bencana Agam sebagai bentuk kepedulian PT Semen Padang terhadap para korban terdampak bencana. 

"Semoga, bantuan sembako ini dapat meringankan beban para korban terdampak bencana banjir dan tanah longsor di beberapa titik di Kabupaten Agam," kata Nur Anita usai menyerahkan bantuan sembako untuk korban bencana di Kabupaten Agama kepada Tim Advance TRC Semen Padang.

Selain sembako, kata Anita melanjutkan, PT Semen Padang juga mengirim Tim Advance TRC, karena berdasarkan koordinasi dengan BPBD Kabupaten Agam, diketahui bahwa dampak bencana cukup parah. 

"Maka dari itu, setelah menyalurkan bantuan ke para korban bencana, Tim Advance TRC ini juga diminta untuk melakukan asessment terhadap dampak bencana alam, guna penanganan lebih lanjut terhadap bencana yang terjadi di Agam itu," ujar Anita. 

Seperti diketahui, akibat hujan lebat yang mengguyur hampir semua kabupaten dan kota di Sumbar pada Kamis (13/7/2023), menyebabkan terjadinya bencana alam dibeberapa daerah di Sumbar. Paling parah, terjadi di Kabupaten Agam. 

Berdasarkan data BPBD Agam, ada 7 daerah terdampak bencana banjir dan tanah longsor. Di antaranya, di Jorong MukoMuko, dan Jorong Alai, Nagari Koto Malintang. Dimana, 10 unit rumah dan 4 warung terdampak banjir bandang dan tanah longsor. Bahkan, material longsor juga menutup akses jalan provinsi dan jalan kabupaten. 

Kemudian, bencana longsor juga terjadi di Jorong Sungai Tampang Nagari Tanjung, dan dibeberapa jorong yang ada di Nagari Tanjung Sani. Akibat longsor tersebut, sejumlah rumah warga, fasilitas umum dan 1 unit mushala tertimbun tanah longsor.

Bahkan, di Jorong Pantas Nagari Tanjung Sani, 2 orang warga dilaporkan meninggal dunia dan puluhan rumah juga tertimbun material longsor, termasuk SMP Negeri 4 Tanjung Raya. Kemudian, dampak longsor juga membuat akses jalan di Jorong Pantas tertimbun material longsor.(*rilis)


Wartawan : Rivo
Editor : Benk123

Tag :#semen padang

Baca Juga Informasi Terbaru MinangSatu di Google News

Bergabung ke Komunitas Whatsapp Dunsanak MinangSatu