HOME SOSIAL BUDAYA KOTA SOLOK

  • Jumat, 26 Maret 2021
Wako Solok : kebebasan Pers alat ukur melihat demokratisasi sebuah Negara
Walikota Solok Zul Elfian Umar didampingi Wakil Walikota Ramadhani Kirana Putra ketika Bersilaturahmi dengan Puluhan Wartawan yang bertugas di Kota Solok di Balairung 99

Solok, (Minangsatu) - Walikota Solok Zul Elfian Umar mengakui Media massa sebagai pilar keempat dalam Demokrasi karena kebebasan Pers digunakan sebagai alat ukur untuk melihat demokratisasi sebuah Negara. 

Media yang netral berarti media yang bergerak secara independen, kredibel, dan mandiri dalam menjalankan tugas jurnalistiknya sehingga masyarakat tidak tertipu terhadap fakta yang sebenarnya terjadi," kata Walikota Solok Zul Elfian Umar didampingi Wakil Walikota Ramadhani Kirana Putra ketika Bersilaturahmi dengan Puluhan Wartawan yang bertugas di Kota Solok di Balairung 99, Jumat (26/03/21) siang.

Ia mengatakan dengan lahirnya sebuah kemitraan media massa dengan Pemerintah Kota Solok, merupakan suatu jembatan untuk saling mengingatkan. Untuk itu lanjut Zul Elfian sangat mengharapkan peran Pers untuk menyampaikan informasi-informasi penting kepada masyarakat terutama pembangunan.

Bila jalinan sudah tercipta dengan baik, maka secara sendirinya masyarakarat akan mengetahui serta meningkat partisipasinya terhadap pembangunan, terutama melalui media massa, Online dan Elektronik.

Walikota Zul Elfian minta Jangan sampai Kota Solok dipenuhi dengan berita-berita hoax yang tidak bisa dipertanggungjawabkan. Peran insan pers dan media sangat besar dalam membesarkan nama Pemerintah Kota Solok hingga saat ini. Terima kasih untuk tetap eksis menyumbangkan masukan dan kritik yang cerdas dan berimbang" ungkapnya.

Ia mengakui Pemerintah Kota Solok memiliki keterbatasan dalam mendapatkan maupun menyebarkan informasi kepada masyarakat. Maka dengan adanya pers, informasi diharapkan dapat tersampaikan dengan cepat.

"Prinsip kesetaraan dalam bekerja sama diperlukan di antara media dan pemerintah karena kedua pihak saling membutuhkan. Pihak pemerintah membutuhkan peran media sebagai wadah untuk mensosialisasikan apa yang telah dikerjakan kepada masyarakat dan pihak media sendiri membutuhkan Pemerintah sebagai sumber berita"ujar Zul Elfian.*


Wartawan : Zulnazar
Editor : Benk123

Tag :#kotasolok