HOME SOSIAL BUDAYA KOTA BUKITINGGI

  • Senin, 22 Maret 2021
Universitas Muhammadiyah Sumbar mendukung Almarhum Usmar Ismail diusulkan jadi pahlawan Nasional tahun 2021
Hasril Chaniago (wartawan /penulis buku)

Bukittinggi (Minangsatu) - Walikota Bukittinggi diwakili Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Bukittinggi Melfi Abra membuka seminar nasional dengan tema "Mengenang Satu Abad Usmar Ismail" menuju Pahlawan Nasional bertempat di Kampus Tiga Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat, Senin (22/03).

Seminar Nasional tersebut diprakarsai Universita Muhammadiyah Sumatera Barat dengan menampilkan Narasumber Hasril Chaniago (wartawan dan penulis Buku) Arif Malin Mudo (Sutradara) Dan Nuraidin Ismail merupakan anak dari Almarhum Usmar Ismail.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Bukittinggi Melfi Abra menjelaskan, pemko mendukung dan akan memberikan rekomendasi Usmar Ismail yang lahir di Bukittinggi itu untuk diusulkan ke Pemerintah Pusat untuk dapat dijadikan Pahlawan Nasional.

Karena sosok dan figur usmar ismail yang semasa hidupnya sangat berjasa karena beliau seorang budayawan, seniman dan juga sutradara film serta pernah menjadi Ketua PWI yang kedua periode tahun 1947-1949.

"Maka tokoh sekelas Almarhum Usmar Ismail perlu kita dukung dan kita perjuangkan sebagai pahlawan Nasional tahun 2021 ini" ujar Melfi. 

Rektor UM Sumatera Barat Dr.Riki Saputra.MA mengatakan, keluarga besar UM Sumatera Barat bersama keluarga dan masyarakat luas berkeinginan sosok Usmar Ismail yang menggunakan untuk diusulkan menjadi pahlawan Nasional dari Sumatera Barat.

"Pada tahun 2017 lalu Pemda DKI telah mengusulkan Usmar Ismail menjadi pahlawan Nasional mudah mudahan tahun 2021 ini mendapatkan legalitas menjadi Pahlawan Nasional dari Sumatera. Barat," kata Riki.

Pada kesempatan itu Rektor UM Sumatera Barat Riki Saputra menyerahkan Rekomendasi mendukung dan memperjuangkan Usmar Ismail menjadi pahlawan Nasional yang diterima anak almarhum Nuraidin Ismail.

Sementara itu Hasril Chaniago dan Arif Malin Mudo sebagai pembicara pada Seminar Nasional itu sama sama mengupas sosok dan figur putra kelahiran Bukittinggi Usmar Ismail, dan melihat perjuangan dan jasa beliau patut dan pantas diusulkan menjadi Pahlawan Nasional.*

 


Wartawan : Anasrul
Editor : Benk123

Tag :#bukittinggi