HOME EKONOMI KABUPATEN DHARMASRAYA

  • 07-November-2018
  •  
  • 15:15:21
  •  

Temu Usaha dalam rangka HPS 2018

Temu Usaha dalam rangka HPS


Dharmasraya (Minangsatu) - Sejumlah pengusaha lokal yang bergerak di bidang pangan olahan, dipertemukan dengan Badan Pengawasan Obat & Makanan (BPOM), peneliti pangan dari Balai Penelitian & Teknologi Pertanian (BPTP), pihak perbankan dan pengusaha kuliner yang cukup sukses Crstine Hakim, bertempat di Gedung Pertemuan Umum (GPU) Nagari Sungai Duo, Kecamatan Sitiung, Rabu (7/11).
Acara ini merupakan rangkaian kegiatan Hari Pangan Sedunia (HPS) tingkat Sumatera Barat yang dipusatkan di Kabupaten Dharmasraya. 
Bupati Dharmasraya Sutan Riska Tuanku Kerajaan, sebagaimana disampaikan Kepala Dinas Pangan dan Perikanan, Budi Waluyo didampingi Kabid Distribusi Pangan Dodi  Syam, menjelaskan bahwa pertemuan sekaligus sosialisasi pola pangan harapan bertujuan untuk lebih memperdalam pengetahuan masyarakat serta seluruh stakeholder tentang pola konsumsi pangan berdasarkan skor. Artinya, semakin tinggi skor mutu pangan  semakin baik komposisi serta mutu gizinya.
Sedangkan untuk keamanan pangan, kita bekerjasama dengan Badan POM Dharmasraya, agar masyarakat, serta pengusaha lebih mengetahui produk yang aman untuk dikonsumsi. Dengan adanya penyuluhan langsung dilakukan narasumber dari Badan POM, tentunya masyarakat dan pengusaha lebih teliti dalam mengkonsumsi dan pemasaran makanan sehingga kesehatan masyarakat lebih terjamin. 
Dalam temu usaha Dinas Pangan dan perikanan mendatangkan sosok pengusaha kuliner sukses Cristine Hakim. Hal ini bertujuan agar mendorong, semangat pengusaha lokal untuk memproduksi kuliner lokal yang sehat, dan mampu menembus pasar global. 
Selain itu, pihak Perbankan juga berperan aktif dalam membesarkan UKM. Dengan adanya peran serta Perbankan tentu mampu mengatasi persoalan keuangan sebagai modal bagi pihak pengusaha kecil. Selain mendapatkan modal, juga dilakukan pembinaan agar usaha dilakoni membuahkan hasil dan selalu meningkat. 
Budi Waluyo juga mengatakan bahwa dalam sosialisasi tersebut juga mendatangkan Balai Penyuluhan Teknologi Pertanian (BPTP) Sukarami Solok. Pihak balai, akan memberikan edukasi kepada seluruh kelompok tani, serta masyarakat, bagai mana pola memanfaatkan lingkungan untuk bercocok tanam yang menghasilkan, sela Dodi Syam.

Reporter: Syaiful Hanif
Editor: Taufik Effendi


Tag :HPS 2018  


Nama
Email
Komentar