HOME PEMBANGUNAN PROVINSI SUMATERA BARAT

  • 10-January-2019
  •  
  • 22:08:10
  •  

Tahun 2019, Sebanyak 170 Miliar untuk Pembangunan Stadion Utama Sumbar

Wagub Nasrul Abit meninjau pelaksanaan pembangunan stadion utama Sumbar di Sikabu

Sikabu (Minangsatu) – Wakil Gubernur (Wagub) Sumatera Barat (Sumbar) Nasrul Abit memastikan stadion utama yang sedang dibangun di Sikabu, Kecamatan Lubuk Alung, Kabupaten Padang Pariaman akan bisa digunakan untuk pembukaan MTQ Nasional ke XXVII pada 2020 yang akan datang.

Untuk itu, pada tahun 2019 ini, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumbar menganggarkan sebanyak 170 miliar buat menyelesaikan pembangunan stadion tersebut. “Juni 2020, insya Allah sudah selesai,” tutur Wagub Nasrul Abit saat kunjungan kerja ke Sikabu, Kamis (10/1).

Wagub Nasrul Abit didampingi Kepala Kantor Wilayah Kemenag Provinsi Sumbar H Hendri, Asisten Administrasi Setdaprov Sumbar Nasir Ahmad, Wakil Bupati Padang Pariaman Suhatri Bur, dan sejumlah pejabat lainnya meninjau kesiapan stadion utama Sumbar untuk pembukaan MTQ Nasional ke XXVII tersebut.

“Saya optmis pengerjaan ini akan selesai, karena memang belum bisa dipastikan selesai 100 persen. Tapi dapat dipakai untuk pembukaan MTQ Nasional 2020. Seperti saat ini tengah dilakukannya pengerjaan di lantai 1. Sehingga nanti berapapun pengunjung akan mampu ditampung, karena kapasita stadion ini 45 ribu orang," katanya kepada wartawan.

Nasrul Abit menyebutkan, pada 2020 nanti juga akan dilanjutkan pembangunan jalan, lapangan parkir serta pekerjaan lainnya. “Tahun 2020 dilanjutkan dengan pembangunan lapangan parkir, dan jalan. Direncanakan jalnnya dua jalur,” tutur Nasrul Abit.

Sebagaimana diketahui, pembangunan stadion utama Sumbar yang berada di Sikabu, Kecamatan Lubuk Alung, Kabupaten Padang Pariaman ini, awalnya dipersiapkan sebagai arena Pekan Olahraga Nasional (PON) 2024. Namun Sumbar gagal lolos dalam perebutan tuan rumah. Belakangan, dengan perjuangan yang berat, Sumbar pun ditunjuk sebagai tuan rumah MTQ ke XXVII.

Dengan luas lahan 38,5 hektar, stadion ini akan menjelma sebagai stadion terbesar di Sumbar. Selain lapangan bola, di situ juga akan dibangun empat gedung olahraga, danau buatan untuk olahraga air, trek untuk olahraga sepeda gunung, lintasan atletik, ruang atlet, tempat duduk penonton dan infrastruktur lainnya. (rev/sc)


Tag :Stadion Utama Sumbar  


Nama
Email
Komentar