HOME PENDIDIKAN KABUPATEN AGAM

  • Rabu, 13 Januari 2021
Sejumlah Jaksa Kejari Agam Datangi SMA 1 Lubuk Basung, Ada Apa?
Suasana saat Kasi Intel Kejari Agam, Devitra Romiza berbincang dengan salah seorang pelajar

Agam (Minangsatu) - Sejumlah jaksa di Kejaksaan Negeri (Kejari) Kabupaten Agam, menyambangi Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 1 Lubuk Basung, Selasa (12/1). Kedatangan jaksa Kejari Agam itu guna mengajarkan pelajar agar melek hukum.

Kajari Agam, Rio Rizal, melalui Kasi Intel, Devitra Romiza mengatakan sejumlah jaksa di Kajari Agam mengajar di SMAN 1 Lubuk Basung melalui program Jaksa Masuk Sekolah (JMS).

“JMS merupakan upaya menumbuhkembangkan kesadaran hukum bagi pelajar, kemudian pelajar memang seharusnya mendapat ilmu hukum sejak dini,” ujarnya.

Lebih lanjut dipaparkan, kehadiran para jaksa di SMAN 1 Lubuk Basung bertujuan untuk mengenalkan produk hukum seperti undang-undang serta mengenal keakraban lembaga Kejaksaan dan tupoksinya di kalangan pelajar.

Selain menjalankan fungsi penegakan hukum, jelas Devitra, Kejari Agam juga melakukan fungsi preventif yakni mencegah terjadinya kejahatan dengan melakukan penerangan hukum, salah satunya melalui JMS.

“Kegiatan ini merupakan program pemerintah pusat yang dicanangkan di seluruh wilayah Indonesia, yang harus diterapkan secara intensif, termasuk di Kabupaten Agam,” jerangnya.

Pihaknya berharap, dengan pemahaman hukum sejak dini tersebut dapat membantu proses pembentukan karakter anak bangsa yang berbasis hukum, khususnya di Kabupaten Agam.

“Semoga dengan memahami dan menaati hukum, pelajar kita bisa menjadi generasi yang berprestasi serta diharapkan menjadi pemimpin masa depan,” ujarnya.*


Wartawan : M. Fadillah
Editor : Benk123

Tag :#kejari, #agam