HOME PENDIDIKAN KOTA PAYAKUMBUH

  • 06-November-2018
  •  
  • 15:07:53
  •  

Peringati Milad ke-8, STAIDA Payakumbuh Gelar Lomba Tahfiz Al-Quran

PAYAKUMBUH, (Minangsatu) -- Dalam rangka memeriahkan milad ke-8 Sekolah Tinggi Agama Islam Darul Al Qur’an (STAIDA) Payakumbuh, menggelar lomba tahfiz Qur’an tiga juz antar SLTA se-Kota Payakumbuh dan Kabupaten Limapuluh Kota.
Kegiatan itu berlangsung di kampus baru STAIDA Payakumbuh, Jalan Khatib Sulaiman, Kelurahan Limbukan, Senin (5/11), dan diikuti pelajar yang berasal dari SMA/MA yang ada di Luak Limopuluah ini.
 

“STAIDA Payakumbuh merupakan kampus yang didirikan oleh Pemko Payakumbuh bersama tokoh masyarakat pada 2010 yang lalu. Kampus ini  merupakan kampus yang identik dengan Al Qur’an sehingga dinamai dengan Sekolah Tinggi Agama Islam Darul Al Qur’an yang berarti kampung Al Qur’an. Dengan demikian, sebagai kampus Al Qur’an kita bertekad melahirkan generasi penghafal Al Qur’an dan mampu memahami isi kandungannya. Selain itu di kampus kita juga ada mata kuliah yang fokus kepada Al Qur’an seperti Tahfiz, Nagham  Al Qur’an, Ilmu Qira’at, dll," kata Ketua STAIDA Payakumbuh, Ust. Ahmad Deski, MA dalam sambutannya.

Dikatakan, hal itu juga sejalan dengan visi-misi Pemko Payakumbuh yang dipimpin Riza Falepi bersama Wawako Erwin Yunaz, untuk menjadikan Payakumbuh sebagai kota penghafal Al Qur’an.
“Mudah-mudahan dengan lomba tahfiz 3 juz antar SLTA ini, semangat menghafal Al Qur’an di kalangan siswa meningkat, dan mereka termotivasi untuk terus menghafal,” harap Deski.

Sementara itu, Ketua panitia Efizal, MA, mengatakan, untuk juri tahfiz ini, panitia menggunakan jasa Dewan Hakim Provinsi Sumatera Barat yang juga Dosen STAIDA Payakumbuh, yaitu Ust. H. M. Ridho, MA dan Ust. Sepdiwasih, S.MIQ.

Pada kesempatan tersebut, Ketua Panitia memberikan penghargaan kepada seluruh peserta berupa undangan mengikuti acara seminar menghafal Al Qur’an sepuluh jari secara gratis pada 10 November 2018  di Aula Kemenag Kota Payakumbuh.

Adapun hasil lomba, sebagaimana dibacakan dewan juri yang diwakili Muhammad Ridho, adalah; Untuk  kelompok tahfiz putera juara I diraih  Muhammad Hasanuddin dari SMA ICBS Payakumbuh, juara II diraih Yahya Habiburahman dari MAN 2 Payakumbuh dan juara III diraih Abdus Salim dari MAS Al Makmur Tungkar, Kabupaten Limapuluh Kota.  Sedangkan untuk  kelompok tahfiz putri, juara I diraih Eliza Amalia dari SMA ICBS Payakumbuh, juara II diraih   Nuzul Laila Qodri dari SMAN 2 Payakumbuh dan juara III Jamilatul Fitri dari MAN 2 Payakumbuh.  


Reporter: Fegi AP
Editor: Taufik Effendi


Tag :#payakumbuh#STAIDA#lomba tahfiz  


Nama
Email
Komentar