HOME NASIONAL NASIONAL

  • Selasa, 9 Februari 2021
Puncak Peringatan HPN 2021 Bersama Presiden, Diikuti PWI Sumbar secara Virtual
Puncak peringatan Hari Pers Nasional 2021 diikuti pengurus PWI Sumbar secara virtual, Selasa (9/2/2021).

Jakarta (Minangsatu) -  Format puncak peringatan Hari Pers Nasional HPN 2021 secara virtual bersama Presiden Joko Widodo, menjadi peristiwa pertama sepanjang sejarah HPN sejak 1985. HPN sendiri ditetapkan dengan Keputusan Presiden, No. 5, tanggal 23 Januari 1985.

Karena itu, pengurus PWI Sumatera Barat dan PWI kabupaten/kota menggelar acara secara terpisah sesuai dengan lokasi yang disepakati. Pengurus PWI Provinsi Sumbar mengikuti peringatan puncak HPN 2021 via zoom meeting, yang dipusatkan di Istana Nagara dan di Ancol, Jakarta Utara, Selasa (9/2/2021). Rombongan PWI Sumbar yang dipimpin Ketua H. Heranof Firdaus, S.Sos didampingi Pengurus Harian PWI, Dewan Kehormatan PWI, Biro Humas Pemprov, dan Kabag Prokopim Pemko Padang, Amrizal Rengganis, mengikuti puncak HPN 2021 dari Hotel Balairung, Jl. Matraman Raya No. 19 Jakarta Timur.

Menurut Ketua PWI Heranof Firdaus, pertama kali dalam sejarah, dimana saat puncak HPN 2021 pengurus PWI dari daerah tidak bisa hadir langsung ke lokasi, tetapi mengikuti jalannya acara secara zoom meeting. Namun setelah acara pokok selesai, baru Pengurus PWI Sumbar bisa datang bersilaturahmi ke lokasi acara di Ancol dan Kantor PWI Pusat.

Kebijakan Panitia Pusat HPN 2021 ini  terpaksa dilakukan dalam rangka membatasi penumpukan orang di lokasi HPN di Ancol. Hal ini sesuai dengan status DKI Jakarta, yang menerapkan pembatasan untuk mengendalikan penyebaran Covid-19. "Alhamdulillah, kita bisa mengikuti puncak HPN 2021 dengan tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat," kata Heranof Firdaus.

Harapan Heranof Firdaus, peran wartawan tidak boleh berkurang meskipun ada pandemi Covid-19. Justru wartawan harus berperan menginformasikan, mendidik dan memberikan pencerahan tentang Covid-19, sehingga masyarakat tidak termakan oleh isu dan hoax yang menyesatkan. "Suarakan terus penerapan 3 M kepada masyarakat dan berikan keteladanan sehari-hari," ujarnya mengajak wartawan.

Sementara itu, Presiden Joko Widodo yang hadir dalam puncak HPN 2021 menyampaikan terima kasih kepada Pers Indonesia atas perannya dalam mengedukasi masyarakat menghadapi pandemi Covid-19 yang hampir satu tahun telah melanda Indonesia.

"Saya mengucapkan terima kasih sebesar-besarnya kepada pers yang telah membantu pemerintah mengedukasi dan membantu masyarakat mendapatkan informasi yang benar dan tepat," kata Presiden Joko Widodo di Istana Negara yang disiarkan secara virtual.

Selain terima kasih, Presiden Joko Widodo juga memberikan penghargaan kepada insan pers Indonesia, karena pada saat pandemi Covid-19 pers tetap bekerja dan berada di garis terdepan untuk mengabarkan perkembangan situasi.

Hadir dalam puncak HPN 2021 ini Ketua Dewan Pers M. Nuh, Ketua Umum PWI Pusat/Penanggungjawab HPN 2021 Atal S Depari, Ketua MPR RI, Bambang Soesatyo, Ketua DPR RI, Puan Maharani, Ketua DPD, LaNyalla Mattalitti, dan sejumlah menteri Kabinet Kerja.

Ketua Umum PWI Pusat Atal S Depari, mengatakan peringatan HPN 2021 merupakan momentum memperbaharui komitmen pers nasional. "Selain rasa syukur, HPN 2021 adalah momentum memperbaharui komitmen pers sebagai mulut, telinga, mata, otak, hati dan jiwa bangsanya," kata Atal, sambil menyapa perwakilan PWI dari berbagai daerah di Indonesia.

Di tengah pandemi, kata Atal, pembaharuan komitmen pers itu semakin relevan. Sebab pers dan media juga mengalami sakit, namun tetap dituntut dalam tugas kemanusiaan menjadi jembatan komunikasi dan informasi.

Karena itu, Ketua PWI Pusat Atal Sembiring Depari mengharapkan perhatian pemerintah terhadap jurnalis dan industri pers, terutama di masa pandemi ini. Perhatian yang diharapkan itu dalam bentuk bantuan insentif pajak, program sosialisasi pengendalian Covid-19 yang melibatkan wartawan, dan prioritas vaksinasi kepada wartawan sebagai ujung tombak penyebaran informasi.

Terhadap prioritas vaksinasi kepada wartawan tersebut langsung disebut Presiden. Menurut Jokowi, vaksinasi kepada wartawan sudah disampaikannya kepada Ketua Dewan Pers, M.Nuh, akan diberikan akhir Februari sampai Maret 2021 untuk lima ribu (5.000) wartawan di tanah air.

Puncak peringatan HPN tahun ini saluran zoom dibagi dalam tiga kelompok melalui, cnnindonesia, pemprov DKI dan saluran zoom Apwi Pusat. Dalam puncak HPN 2021 diserahkan hadiah Adinegoro bagi pemuncak bidang Jurnalistik, emberian Pena Emas kepada Gubernur Kalimantan Selatan, Sahbirin Noor, pemberian Press Card Number One kepada 9 wartawan senior, dan Penghargaan Emas PWI kepada Dansatgas Covid-19 Pusat, Doni Monardo.


Wartawan : Gk
Editor : ranof

Tag :#Hpn 2021#Virtual#Presiden ri#Jokowi#Ketua umum pwi#Atal s depari#Pwi sumbar#