HOME SOSIAL BUDAYA KOTA PADANG PANJANG

  • Kamis, 15 April 2021
Produk Sampah Limbah Rumah Tangga dan Pasar Capai Ratusan Ton per Hari
Menurut Kepala Dinas Pemukiman dan Lingkungan Kota Padang Panjang, Wita Desi Susanti, ST

Pd.Panjang (Minangsatu) - Produk sampah limbah rumahtangga dan ruang publik di Kota Padang Panjang, mencapai angka lk 140 ton/ hari. Produk sampah paling besar berasal dari kawasan publik seperti area pasar. 

Menurut Kepala Dinas Pemukiman dan Lingkungan Kota Padang Panjang, Wita Desi Susanti, ST, untuk menangani persoalan sampah di Kota Padang Panjang pihaknya saban hari meng-operasikan 11 unit armada truk ditambah 5 unit bentor dengan mengerahkan 181 petugas K.3 atau pasukan kuning, ujar Wita.

Tingginya volume sampah, kita membagi tugas pasukan kuning dua shiff. Ada yang bertugas melakukan pengangkatan sampah di pagi hari dan malam. Untuk sampah terdapat dipemukiman warga yang tak bisa dilewati truk, kita gunakan kendaraan becak motor atau bentor, sambungnya.

Kini menjadi kelegaan sedikit, semakin tingginya partisipasi warga menjaga kebersihan lingkungan disamping kerja keras pasukan kuning. Dan buahnya, Kota Padang Panjang berhasil puluhan kali meraih penghargaan nasional berupa Piala Adipura bidang kebersihan. Bagi Perkim LH, prestasi terse but kami jadikan sebagai cemeti untuk terus memacu kinerja, tambah Wita Susanti.

Saat ini yang menjadi  persoalan, terkait kondisi  armada truk sampah yang telah ber- usia puluhan tahun, dan sangat dibutuhkan armada baru penunjang tugas pasukan kuning dilapangan. Dianggaran tahun depan, kita coba usulkan anggaran penambahan atau penggantian armada truk sampah yang telah uzur, tandas Wita Desi Susanti.*


Wartawan : Mak Pangulu
Editor : Benk123

Tag :#padangpanjang