HOME PENDIDIKAN KABUPATEN AGAM

  • 09-February-2019
  •  
  • 20:37:08
  •  

Kegiatan Ekskul Japanese Club di SMK 1 Baso dikunjungi Perwakilan Japan Foundation

Ms Akie, perwakilan Japan Foundation mengunjungi SMK 1 Baso

Baso (Minangsatu) -  Kegiatan ekstrakurikuler Japanese Club di SMK 1 Baso, Kabupaten Agam, dikunjungi Akie Ikeno perwakilan dari Japan Foundation, Jumat (8/2).  Akie Ikeno berkesempatan bercakap-cakap dengan para siswa dalam bahasa Jepang.

"Para siswa mempunyai keberanian untuk dan motivasi yang tinggi untuk mampu berkomunikasi secara lancar dengan orang Jepang," tutur Akie Ikeno, wanita Jepang yang selama berkunjung ke SMK 1 Baso itu mengenakan baju muslim lengkap dengan jilbab.

SMK Negeri 1 Baso merupakan salah satu sekolah model Kabupaten  Agam, terletak di Jorong Titih Kenagarian Padang Tarok Kecamatan Baso, dengan rumpun kejuruan teknik, bisnis, dan manajemen ini giat melaksanakan berbagai macam kegiatan ekstrakurikuler, salah satunya adalah Japanese Club.

Keberadaan Japanese Club ini ternyata menarik perhatian Nihongo Partners  dari Japan Foundation yaitu sebuah badan hukum khusus yang bertugas mengenalkan budaya Jepang ke dunia internasional dan menjadi lembaga administratif independen di bawah naungan Departemen Luar Negeri Jepang.

Selama berkunjung ke SMK 1 Baso, Ms. Akie Ikeno takjub dengan pelaksanaan Japanese Club di sekolah ini.

Sementara itu, pembina ekskul, Chika Pasaribu,S. Pd bertekad agar siswa-siswa yang tergabung dalam Japanese Club mampu berinteraksi langsung dengan penutur asli bahasa Jepang dalam rangka peningkatan kemampuan bahasa dan sekaligus mengenal kebudayaan Jepang.

"Selama ini siswa hanya dapat mengenal dan mempelajari Bahasa Jepang melalui guru di sekolah serta lewat bahan bacaan dari internet, nah sekarang siswa sudah dapat mempraktekkan langsung dengan penutur asli Jepang," kata sensei Chika kepada Minangsatu, Sabtu (9/2).

Tentunya hal ini sangat baik untuk memotivasi siswa dalam meningkatkan kemampuan Bahasa Jepang mereka. Sebagaimana yang diketahui Bahasa Jepang merupakan Bahasa asing yang banyak dipelajari selain Bahasa Inggris dan mandarin. Terlebih melalui Japan Foundation, siswa bakal memiliki banyak kesempatan Lebih untuk meraih peluang-peluang pendidikan dan karir di luar negeri, khususnya di Jepang.

Kepala SMK Negeri 1 Baso, Drs. Yevri Fuadi sangat mendukung terlaksananya kegiatan tersebut. Dia berharap dengan adanya kunjungan ini minat dan motivasi siswa lebih meningkat lagi untuk mempelajari bahasa Jepang sebagai salah satu bahasa yang bisa di gunakan di dunia kerja.

Pada akhirnya, kehadiran Ms. Akie tentunya akan membawa informasi berharga untuk Japan Foundation, sehingga diharapkan kegiatan Japanese Club dan pembelajaran bahasa Jepang di SMK1 Baso kelak mendapat dukungan dari lembaga itu. (cr2)


Tag :SMK 1 Baso #Japan Foubdation  


Nama
Email
Komentar