HOME SOSIAL BUDAYA KOTA BUKITINGGI

  • Rabu, 24 Maret 2021
Komnas HAM Sumatera Barat Dukung Terwujudnya Pariwisata Inklusif di Kota Bukittinggi
Kepala Kantor Perwakilan Komnas HAM Sumatera Barat Sultanul Arifin

Bukittinggi (Minangsatu) - Kantor Perwakilan Komisi Nasional  Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) Sumatera Barat  membuktikan dukungan terhadap kemajuan Kota Bukittinggi guna terwujud pariwisata inklusif di mana cakupan yang menyeluruh, mudah diakses oleh siapa pun, dan ramah terhadap siapa saja termasuk bagi sahabat difabel.

Untuk mewujudkan pariwisata inklusif itu diperlukan tanggapan dan kajian rumusan indikator dapat dipahami secara bersama oleh semua lapisan. 

Kepala Kantor Perwakilan Komnas HAM Sumatera Barat Sultanul Arifin,  mengatakan ada 50 peserta dari beragam unsur serupa instansi dan lintas sektoral dari provinsi Sumatera Barat dan kota Bukittinggi mengikuti seminar  tentang Bukittinggi menuju pariwisata inklusif,berlangsung di Balai Sidang Hatta Bukittinggi, Rabu (24/03).

Kami bersama imprasial Komnas HAM melaksanakan Semiloka bertema Bukittinggi menuju Pariwisata Inklusif.  Pariwisata yang ramah terhadap semua pengunjung, bukan berarti yang sekarang tidak ramah, tetapi lebih meningkatkan lagi, Bagaimana upaya agar lebih ramah terhadap perbedaan-perbedaan terhadap semua pengunjung dan diharapkan dapat mendukung pendapatan devisa Kota Bukittinggi.

"Kota Bukittinggi ini kan tidak hanya dikenal di Sumatera Barat tetapi sampai ke dunia Internasional, dan kesejahteraan masyarakat kota Bukittinggi tersendiri jadi terketuk hatu kami artinya untuk mendukung Kota Bukittinggi Bagaimana supaya lebih baik dan lebih sejahtera ramahkerukunan dalam keberagaman," ujarnya.

Kota Bukittinggi akan menjadi pionir pelaksanaan program menuju pariwisata inklusif di Sumatera Barat dikarenakan beragam potensi diri ini mampu dikembangkan untuk mendapatkan imbas positif tanpa harus mencermati perbedaan di tengah masyarakat. 

"Kita sampaikan kepada pemerintah ini hasil kita mudah-mudahan bermanfaat bagi pemerintah kota Bukittinggi pada khususnya dan Sumatera Barat pada umumnya dengan baik. Oleh karena itu berbarengan dan searah dengan program walikota dan kota Bukittinggi itu informasi dari Pak wakil walikota, itu (Pariwisata Inklusif) belum terdaftar di kementerian pariwisata mudah-mudahan dengan kegiatan ini kita ada rekomendasi kita daftarkan mudah-mudahan bisa diterima di kementerian pariwisata," tambahnya

Semiloka itu menghadirkan narasumber yakni Wakil Ketua Eksternal Komnas Ham RI Amirrudin Al Rahab, M.Si, Walikota Bukittinggi, Erman Safar, Kepala Kantor Perwakilan Komnas HAM Sumatera Barat, dan Kadisparpora Bukittinggi.*


Wartawan : Anasrul
Editor : Benk123

Tag :#bukittinggi, #komnasham