HOME HUKRIM PROVINSI SUMATERA BARAT

  • Senin, 21 September 2020
Kapolda Irjen Pol Toni Harmanto Kukuhkan Pokdar Kamtibmas Wilayah I Sumbar
Pengukuhan Kopdar Kamtibmas Wil I Sumbar

Bukittinggi (Minangsatu) - Setelah melalui prosesi yang tidak begitu lama, akhirnya Pokdar Kamtibmas (Kelompok Sadar Keamanan Dan Ketertiban Masyarakat) Wilayah I Provinsi Sumatra Barat (Sumbar) dikukuhkan di Balai Pustaka Bung Hatta, Gulai Bancah, Bukittinggi, Senin ( 21/9).

Adapun kabupaten/kota yang masuk dalam Wilayah I  Pokdar Kamtibmas Sumbar itu terdiri dari Kota Bukittinggi, Kota Padang Panjang, Kota Payakumbuh, dan Kabupaten Lima Puluh Kota.

Kapolda Sumbar, Irjen Pol Drs. Toni Harmanto .M.H, berharap Pokdar Kamtibmas bekerja dengan program yang tersusun. "Mengingat beberapa isu kamtibmas di tengah masyarakat di masa pandemi covid 19, dan menjelang pilkada, karena personel Polda hanya 10.400 personil, maka kita harus melibatkan seluruh elemen masyarakat untuk ikut membantu menjaga kamtibmas dan membantu tugas kepolisian," tutur Toni.

Sementara itu, lanjut Toni, karena keberadaan Pokdar Kamtibmas tersebut sudah terdaftar pada KemenkumHam, maka bisa dianggarkan dalam anggaran daerah.

Sementara  itu Walikota Bukittinggi, Ramlan Nurmatias minta Pokdar Kamtibmas betul betul mampu mengatasi permasalahan gangguan kamtibmas di tengah-tengah masyarakat. Apalagi di tengah pandemi yang melanda dan membuat kamtibmas menjadi hal yang cukup sensitif.

Pokdar Kamtibmas sendiri adalah kelompok yang secara sukarela membantu menyelesaikan masalah  yang terjadi di tengah masyarakat. Baik tindakan pencegahan (preventif) dan mengatasi (antisipatif). Dengan slogan "elok-elok sajo", Pokdar Kamtibmas Sumbar diharapkan dapat mengantisipasi semua permasalahan yang berpotensi mengganggu keamanan dan ketertiban masyarakat, dengan cara dan metode yang baik.

Acara pengukuhan Pokdar Kamtibmas wilayah 1 Sumbar sendiri dihadiri langsung oleh Forkopimda masing-masing kabupaten/kota.


Wartawan : Anasrul
Editor : sc.astra

Tag :#PengukuhanPokdarKamtibmas #Sumbar #PoldaSumbar