HOME WEBTORIAL KABUPATEN PASAMAN BARAT

  • Kamis, 8 November 2018
Kampanye Germas Pasbar di Rabi Jonggor
Wali Nagari Rabi jonggor, Saherman

Pasaman Barat (Minangsatu) - Masyarakat Nagari Rabi Jonggor, Kecamatan Gunung Tuleh, Kabupaten Pasaman Barat(Pasbar) dengan suka ria menyambut Kampanye Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) tingkat Pasbar yang dilaksanakan di lapangan hijau Nagari Rabi Jonggor, Kamis (8/11).

Kampanye Germas diawali dengan senam sehat yang diikuti ratusan siswa dan masyarakat Nagari Rabi Jonggor. Selain itu berbagai pertunjukan seni sehat juga ditampilkan, seperti tarian cuci tangan sehat dan gordang sembilan.
Wali Nagari Rabi Jonggor, Saherman,S.H mengucapkan terima kasih kepada masyarakat atas kesadarannya untuk mengikuti kampanye Germas.

"Semoga kita semua dapat menerapkan pola hidup sehat dengan beraktifitas minimal 30 menit setiap hari. Jika masyarakat sudah melaksanakan Germas ini, harapannya nanti akan bermuara pada kesehatan warga yang terjaga, lingkungan hidup yang bersih dan pada akhirnya akan mewujudkan masyarakat sehat, termasuk berkurangnya penderita penyakit tidak menular. Ujung-ujungnya beban biaya untuk berobat akan semakin berkurang," ucap Saherman,S.H

Ia juga menyampaikan terima kasih kepada Pemerintah Daerah yang telah melaksanakan Germas di Kecamatan Gunung Tuleh tepatnya di Nagari Rabi Jonggor yang dimotori oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Pasaman Barat.
"Terima kasih juga kita sampaikan kepada  Pemerintah Kabupaten Pasaman Barat melalui dinas kesehatan yang telah bersedia melaksanakan kampanye germas ini di Rabi Jonggor, mudah- mudahan lebih bisa menumbuhkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya hidup sehat," ujar Wali Nagari.

Hal senada juga di sampaikan Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Pasaman Barat, Haryunidra. Katanya kegiatan Germas merupakan upaya yang diluncurkan Menteri Kesehatan pada tahun 2016, pergerakan ini menyeluruh dari pusat Hingga Nagari.
"Kegiatan ini merupakan kampanye untuk menumbuhkan ingin hidup sehat didasari lima pilar diantaranya, aktifitas fisik minamal 30 menit,makan buah sayur, stop merokok, menunggunakan jamban sehat dan cek kesehatan minimal 6 bulan sekali," ucap Haryunidra.

Ia berharap gerakan ini menjadi gerakan bersama dan dilaksanakan oleh masyarakat sehingga diharapkan kasus penyakit terutama penyakit tidak menular bisa menurun dan dapat mengurangi angka peningkatan penyakit tidak menular.
Sementara, kepala Bidang Kesehatan Masyarakat, Suhandi Lubis mengatakan, kampanye Germas di Rabi Jonggor merupakan kampanye yang ke 5 setelah, di Situak Barat, Nagari Ujung Gading, Kecamatan Lembah Melintang, Nagari Sungai Aur, Kecamatan Sungai Aur, Kecamatan Luhak Nan Duo dan Kecamatan Kinali.

Kampanye Germas di akhiri dengan penandatanganan komitmen hidup sehat yang di lakukan oleh peserta Kampanye germas yang sebelumnya telah diberikan cendramata hidup sehat dari dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Barat melalui  Dinkes Pasbar kepada peserta kampanye.

Reporter: Afratama
Editor: Taufik Effendi


Wartawan : afrtama
Editor :

Tag :#pasaman Barat#walinagari