HOME EKONOMI KOTA PAYAKUMBUH

  • 12-November-2018
  •  
  • 20:40:03
  •  

Harga Telur Naik, Peternak Itik Gembira

Pasar Itik di Pasar Ibuh, Payakumbuh

Payakumbuh (Minangsatu) -- Sejak beberapa hari terakhir, harga telur itik mengalami kenaikan rata-rata limaribu rupiah per lapiek, sehingga harga saat ini mencapai Rp 55.000 per lapiek. Kenaikan harga itu disambut gembira oleh para peternak itik setempat.

“Alhamdulillah harga telur itik naik dan harga itik juga naik,” kata Zul Fahmi (63) kepada Minangsatu, Senin (12/11) di Pasar Ibuh Timur. Pasar ini merupakan sentra  penjualan ternak itik Kota Payakumbuh. 

Dikatakan untuk sekarang harga telur itik naik dari yang semula Rp. 50.000,- per lapiak menjadi Rp. 55.000,-/lapiak. Bahkan harga itik pun ikut naik, dimana untuk harga itik tua tapi masih bisa bertelur, yang awalnya Rp. 35.000/ ekor, naik menjadi Rp. 40.000,- per ekor. Sementara untuk itik usia muda harganya sekarang Rp. 55.000/ekor yang awalnya Rp. 45.000,-/ ekor. 

“Harga-harga ini naik dikarenakan sebentar lagi aka ada perayaan Natal, karena biasanya harga-harga ini naik juga dipicu oleh adanya hari-hari besar agama, seperti menjelang Ramadhan, Idul Fitri, dan Natal ini,” kata Don (50) asal Padang Tiakar yang juga diiyakan Hari (45), asal Koto Nan Gadang. 

Zulfahmi merupakan pedagang tertua di Pasar Ibuh Timur, karena dia sudah berjualan sejak tahun 1975, dia mewarisi usaha tersebut dari orang tuanya M. Sani, asal Napar Koto Nan Gadang Kecamatan Payakumbuh Utara. 

Diharapkan Zulfahmi, harga-harga itik ataupun telur itik tetap stabil sehingga tidak merugikan para peternak dan pedagang. Mereka sebagai pedagang juga sehari-hari bekerja sebagai petani. Selain itu mereka juga menjual itik yang di gunakan untuk Pacu Itik yang merupakan tradisi Tradisional Minangkabau. 

Reporter: Fegi AP
Editor: Taufik Effendi


Tag :#payakumbuh#harga telur  


Nama
Email
Komentar