HOME EKONOMI KOTA PADANG PANJANG

  • Kamis, 1 April 2021
Harga Kacang Tanah Naik Rp 7 Ribu perkilo, Industri Makanan Rumahan Terancam Gulung Tikar
Produk makan ringan yang harga bahan pokoknya terus naik jelang puasa ini dipasar lokal Padang Panjang.

Padang Panjang (Minangsatu) - Belum lagi masuk bulan Ramadhan, harga kebutuhan pokok masyarakat satu persatu di pasar Padang Panjang mulai merambat naik. Misal, minyak goreng kemasan naik Rp1000/kg dan minyak goreng curah naik Rp 2000/kg. Lebih parah naiknya, harga kacang tanah dari Rp 22.000/kg naik jadi 28.000/kg ( terjadi kenaikan Rp6000/kg).

Kata, Endra, 53, salah seorang pengelola usaha kecil rumahan makanan ringan kipang kacang. Kenaikan harga kacang tanah yang begitu meningkat tajam, sepertinya berpeluang ancam usaha kami karena tak lagi seimbang dengan biaya produksi dan penjualan, ujarnya lirih

Kenaikan harga barang yang begitu menggila, makin mengancam usaha ,kami yang sebelumnya telah diperparah kelesuan ekonomi lantaran wabah covid_19.dipasar  lokal. Dalam hal ini, kami sangat berharap pemerinah kiranya memberi perhatian. Terutama dalam upaya menetralisir harga harga barang kebutuhan masyarakat jelan puasa dan lebaran idhul fitri. "Sebelumnya, harga plastik naik tajam dari Rp 31 ribu/kg naik jadi Rp 40 ribu/kg," ujar Endra dengan mata berkaca kaca.

Sementara beberapa pemilik usaha makanan lain di kota Padang Panjang, turut menghimbau pemerintah untuk bisa berperan aktif menetralisir harga barang jelang puasa dan lebaran.

"Alun masuak lai bulan puaso, harga kebutuhan lah bahamburan naiak. Apa sebenarnya yang terjadi di negri ini. Kok pada diam semua," ketus Ari, 58, salah seorang pengelola usaha rumahan lainnya.*


Wartawan : Mak Pangulu
Editor : Benk123

Tag :#padangpanjang