HOME PENDIDIKAN NASIONAL

  • Rabu, 5 Agustus 2020
Gali Nilai-Nilai Pedagogis, Program Studi Doktor Ilmu Keguruan Bahasa UNP Gelar Webinar Nasional
Webinar nasional program studi doktor ilmu keguruan bahasa UNP, Rabu (5/8)

Padang (Minangsatu) - Pedagogis sebagai disiplin yang berhubungan dengan praktik belajar perlu menjadi perhatian. Ini disampaikan oleh Wakil Direktur 1 Program Pasca Sarjana Universitas Negeri Padang (UNP) Prof. Dr. Atmazaki, M.Pd. dalam webinar nasional melalui zoom dan siaran langsung di youtube UNP Video Streaming, Rabu (5/8).

Menurutnya, mengajar tidak cukup dengan pengetahuan. Ada hal lain yang perlu dikuasai oleh guru, yakni seni mengajar dan alkemia. Pedagogis membahas bagaimana guru berinteraksi dengan siswa, lingkungan sosial, juga intelektual yang ada di sekolah itu. "Konsep suatu pedagogis yang dikembangkan tidak steril. Ada pengaruh keadaan sosial, politik, budaya setempat, bahkan keintelektualan masyarakat."

Secara garis besar, terdapat 3 ruang lingkup pedagogi sebagai berikut.
1. Pendekatan/ metode/ teknik termasuk gaya mengajar dan pembelajaran yang sesuai dengan anak.
2. Media pembelajaran yang sesuai dengan anak.
3. Manajemen kelas yang sesuai dengan anak.

Mengangkat tema "Menggali Nilai-nilai Pedagogis Kurikulum Doktor Ilmu Keguruan/ Pendidikan Bahasa", Koordinator Prodi Doktor (S-3) Ilmu Keguruan Bahasa UNP Prof. Dr. M. Zaim, M. Hum. menyatakan penyelenggaraan webinar ini dilatarbelakangi oleh esensialnya nilai-nilai pedagogis bagi para pendidik.

"Yaitu para guru, dosen, dan instruktur pada berbagai jenjang pendidikan. Baik formal, non formal, dalam sekolah maupun luar sekolah untuk bisa berperan maksimal dalam menghadapi era distribusi, era revolusi industri 4.0, era society 5.0. Pandemi Covid-19 telah memaksa guru untuk kreatif dan inovatif mengajar secara daring sebagai pengganti pembelajaran secara luring atau tatap muka yang selama ini kita lakukan", ujarnya.

Selaras, Rektor UNP Prof. Ganefri, Ph.D menyampaikan bahwa dalam jangka waktu ke depan, peserta didik hsrus memiliki konsep mencari tahu bukan diberi tahu. "Dosen dan mahasiswa, guru dan murid harus mampu merekonstruksi setiap peoses pembelajaran yang dijalankan sehingga melahirkan suatu pengetahuan baru. Saya kira webinar hari ini tentu banyak pemikiran-pemikiran yang disampaikan", tuturnya.

Berlangsung selama tiga jam, turut dihadirkan sebagai narasumber dalam agenda ini,  Prof. Dr. Yazid Basthomi selaku Koordinator Prodi S-3 Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Negeri Malang, Dr. Ninuk Lustyantie, M.Pd. selaku Koordinator Prodi S-3 Pendidikan Bahasa Universitas Negeri Jakarta, dan Dr. Hj. Yuni Pratiwi, M.Pd. selaku Koordinator Prodi S-3 Pendidikan Bahasa Indonesia Universitas Negeri Malang.


Wartawan : Sabrina Fadilah Az-Zahra
Editor : sc.astra

Tag :#UNP #WebinarNasionalBahasa #Sumbar