HOME PENDIDIKAN KABUPATEN LIMAPULUH KOTA

  • 06-December-2018
  •  
  • 19:06:47
  •  

Dinas Dikbud Limapuluh Kota Adakan Jambore Kreatifitas Siswa

Kadisdikbud Limapuluh Kota bersama juri dan peserta JKS

Sarilamak (Minangsatu) - Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Limapuluh Kota melangsungkan Jambore Kreatifitas Siswa (JKS) dalam bentuk Lomba Lagu Minang tingkat Sekolah Dasar (SD) dan tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Hotel Shago Bungsu,  Tanjung Pati, Kota Sarilamak, selama dua hari (5-6 Desember 2018).

“Siswa/siswi yang berbakat kesenian di daerah kita khususnya lagu-lagu daerah diharapkan bisa meningkatkan kemampuan, tentu jambore ini sangat kita dukung” kata Kadis Pendidikan Indra Munir. M.Pd.

Dikatakan, kegiatan ini dilangsungkan untuk meningkatkan kreatifitas siswa sejak dini. Menurutnya jika siswa ditempa sejak usia SD tentu akan memberikan dampak posistif untuk masa depannya.

“Agar anak-anak bisa menunjukkan bakatnya dalam bidang seni dari sejak SD, dan tentu dengan ditempa sejak usia dini kreatifitas anak itu akan keluar dan sang anak bisa lebih percaya diri di masa akan datang. Apalagi yang sudah SMP, tentu bakatnya akan semakin terlihat," katanya.

 Lagu-lagu yang disediakan panitia untuk tingkat SMP Balam Mamutui Tali, Si Bunian Bukik Sambuang, Talambek Pulang, Pasan Mande, Arok Dirantau, Inai Sabatang dan Sakik Diujung Cinto.

Sedang untuk lagu tingkat SD yang disiapkan panitia, Relakan Nan Tamakan, Jaso Mandeh, Do’a Bundo, Bareh Solok, Ratok Mandeh, Hilang Saribu Malam, dan lain sebagainya.

“Lagu yang kami siapkan merupakan lagu-lagu popular di daerah Minangkabau. Dan diharap acara ini menjadi ajang pencarian bakat untuk siswa, selain bertujuan untuk meningkatkan kreatifitas siswa/siswi," kata Kabid Dikdas Alfizal. M.Pd Datuak Sati Marajo didampingi salah seorang panitia Mahendra di Hotel Shago Bungsu, Kamis (6/11).

 

Ditambahkan Alfizal, sebelum Jambore kreatifitas siswa ini, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Limapuluh Kota juga sudah melangsungkan pelatihan kepemimpinan siswa 21, 22, dan 23 November lalu yang diikuti 159 siswa SMP se-Kabupaten setempat, tempat acara di langsungkan di Hotel Shago Bungsu II Lubuak Batingkok, Kecamatan Harau.

Kegiatan yang bertujuan untuk pembinaan Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) ini menghadirkan narasumber Kepala Dinas Pendidikan Indrawati Munir, M.Pd, Kabid Dikdas Alfizal. M.Pd Datuak Sati Marajo, serta Yunasril, Nasrul Arfi, Irusli, dan Hendra yang ketiganya merupakan staf Disdikbud setempat.

Kabid Pendidikan Dasar Alfizal sebagai penanggung jawab kegiatan mengatakan dengan adanya pelatihan kreatifitas ini diharap berdampak baik kepada pengelolaan Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS).

“Semoga dengan adanya kegiatan ini, siswa/siswi lebih kreatif, dan pengelolaan OSIS di setiap sekolah lebih maksimal, dan tentu dengan perkembangan ilmu teknologi ini semoga siswa bisa memanfaatkan teknologi yang berkembang setiap hari ini dengan positif” katanya. (Fegi AP)


Tag :Jambore Kreatifitas Siswa  


Nama
Email
Komentar