HOME WEBTORIAL KABUPATEN PASAMAN BARAT


  • Selasa, 5 November 2019
Dari Musrenbang Penyusunan RKP 2020 Nagari Rabi Jonggor, Dibutuhkan Alokasi Anggaran Rp 24 Miliar

RABI JONGGOR (Minangsatu) - Pemerintah Nagari Rabi Jonggor, Kecamatan Gunung Tuleh, Kabupaten Kabupaten Pasaman Barat, Sumatera Barat, menggelar musyawarah rencana pembangunan (Musrenbang) penyusunan rencana kerja pemerintah (RKP) Nagari Rabi Jonggor tahun 2020.

Musrenbang penyusunan RKP Nagari Rabi Jonggor itu dilaksanakan di gedung Pertemuan Nagari pada Kamis (31/10/2019).Kegiatan yang berlangsung sehari penuh itu juga dihadiri Kapolsek Gunung Tuleh, IPTU Zulfikar, Walinagari Rabi Jonggor, Saherman, Camat Gunung Tuleh, Randy Hendrawan, unsur Pemkab Pasaman Barat, tokoh masyarakat dan kader PKK dan undangan lainnya juga turut hadir.

Kegiatan penyusunan RKP itu menurut Walinagari Rabi Jonggor, Saherman, SH dilaksanakan Berdasarkan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 114 Tahun 2014 Tentang Pedoman Perencanaan Pembangunan Desa/Nagari yang menyatakan bahwa Pemerintah Desa/Nagari dapat mengusulkan kebutuhan pembangunan desa kepada Pemerintah Daerah Kabupaten/Kota.

"Dalam rangka mempersiapkan program pembangunan yang akan dilaksanakan pada tahun 2020 mendatang di Nagari, maka dari itu Pemerintahan Nagari  Rabi Jonggor menggelar musyawarah rencana pembangunan (Musrenbang) penyusunan RKP Nagari pada hari ini," sebut," Saherman.

Menurut Wali nagari, Musrenbang penyusunan RKP itu juga dihadiri para Kepala Jorong, unsur perangkat nagari, Kelompok Masyarakat, Kepala Sekolah se-Nagari, Pendamping Desa/Nagari.

"Banyak hal yang dapat dibahas dalam Musrenbang penyusunan RKP tahun 2020 di Nagari ini," terangnya.

Sementara, ketua Tim Penyusunan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nagari Rabi Jonggor, Warta Irawan mengatakan, Setidaknya ada sekitar Rp 24 miliar lebih anggaran yang diajukan pada Musrenbang penyusunan RKP tersebut.

"Di RKP Nagari Rabi Jonggor setidaknya ada 21 Item pembangunan yang telah jadi prioritas Nagari antaranya di bidang sektor pendidikan terdapat 5 pembangunan yakni Pembangunan Gedung MDA di kejorongan Baruh Gunung, Pembangunan Gedung TPA di Jorong Bulu Laga," sebut Warta Irawan yang juga Sekretaris Wali Nagari.

Selain itu, sambungnya, ada Pembangunan Gedung MDA dan Mobiler di kejorongan Rabi Jonggor, Pembangunan Taman Kanak- Kanak yang terintegritas di Jorong bandar dan pembangunan Gedung Perpustakaan Nagari .

Sedangkan, bidang kesehatan terdapat empat Item pembangunan seperti Rehab Berat Gedung Polindes di Jorong Paraman Ampalu, pembangunan gedung Polindes baru di Talang Kuning dan Siligawan Gadang serta rehab berat gedung polindes di Rabi Jonggor.

Untuk pembangunan Jalan usaha tani Aek garingging menuju gapuk terdapat di kejorongan Paraman Ampalu dan Lanjutan jalan usaha tani Banjar tinjoan Jorong Guo dengan panjang masing- masing 3 kilo meter.

"Sementara di Tanjung durian ada pembangunan jalan usaha tani Banjar Bimo dan Huta Tonga juga di buka jalan usaha tani Sijabut Banjar Apinis 2 kilo meter. Di kejorongan Sitabu juga di bangun Jembatan Aek Nabar," terangnya.

Dikatakan, untuk Air Dingin peningkatan jalan usaha tani sebelah barat lanjutan PNPM 3 kilo meter. Di kejorongan Sungai Magelang pembangunan gedung serba guna.

"Di Siligawan Kecil juga ada peningkatan jalan usaha tani arah timur Batang Alin. Namun, untuk bidang kawasan Pemukiman ada 3 item yang sudah jadi prioritas pembangunan yaitu Pembangunan sanitasi di Paraman Ampalu,  normalisasi anak air dan penguatan tebing depan mesjid Raya Al Falah di Bandar, serta  pembangunan TPT pemukiman arah timur di Kampung Pinang," tungkasnya.

Pihaknya Nagari Rabi Jonggor bersama Badan Musyawarah Nagari juga masih menerima usulan dari masyarakat minggu kedepan jika dirasa sangat mendesak.

"Jika masih ada usulan dari Masyarakat yang di rasa sangat genting kami masih menerima usulan untuk di permusyawarahkan," sebut Ketua Badan Musyawarah Nagari Rabi Jonggor, Zulfahri.

Tim penyusunan Rencana Pembangunan Jangka Menengah (RPJM) Nagari terdiri dari Saherman, SH selaku pembina, Sekretaris Nagari Warta Irawan sebagai ketua, Haskim Yusuf, Ajrul Huda, Roni Kumala, Sri Maryati, Rita Diana, Marwazi, Husnita.


Wartawan : Afratma
Editor : boing

Tag :#RabiJonggor#PasamanBarat