HOME PENDIDIKAN KOTA PADANG

  • Senin, 22 Februari 2021
Dies Natalis Ke-48, ITP Menuju World Class University
Dies Natalis ITP ke-48

Padang (Minangsatu) - Dies Natalis ITP yang ke 48 kali ini  berbeda dengan yang sebelumnya, sederhana namun penuh makna.Hal ini disebabkan oleh Covid-19 yang sedang mewabah. Dengan adanya dies natalis 48 yang bertema "Sinergi Teknologi Untuk Masa Depan" diharapkan kedepannya ITP semakin maju dan jaya ke depannya. Dies Natalies ITP yang jatuhnya pada tanggal 21 Februari namun dilaksanakan pada Senin (22/02) di aula lantai 2 Gedung ITP.
 
Bermula dari sebuah kursus yang namanya Kursus Ahli Teknik yang didirikan pada bulan November 1972 atas gagasan dari Bapak H Sofyan Yatim dan Bapak haji Ahmad SB serta beberapa dosen FKT IKIP Padang (Bapak Jalius Jama dan Kawan kawan). Kemudian tanggal 21 Februari 1973 berubah menjadi Akademi Teknik Padang, tahun 1989 berubah menjadi Sekolah Tinggi Teknik Padang (STTP). Kemudian tahun 2002 berubah nama menjadi Institut Teknologi Padang.
 
Dalam kurun waktu 48 tahun usianya, Institut Teknologi Padang telah dipimpin oleh 8 orang yaitu : Drs. Jalius Jama  Ir.Yusuf Aziz (alm) Ir .Marah Nurmatias (alm) , Ir. Yulindo SA (alm),  Drs. Zulfa Eff Uli Ras , Prof.Dr.Ir. Yulman Munaf, MS,(alm) ),Prof. Ir. H. Zaidir, MS., DR.Eng, dan periode 2020-2024 adalah Dr. Ir. Hendri Nofrianto, MT,.
 
“Diharapkan, dibawah kepemimpinan Dr.Ir.Hendri.Nofrianto, MT, bisa mengantarkan ITP ke gerbang mendekati gerbang World Class University sekaligus mempersiapkan kader-kader pemimpin ITP dimasa datang yang tangguh dan canggih guna menghadapi masa depan yang penuh tantangan ” ujar Ketua Pengurus Yayasan Pendidikan Teknologi Padang (YPTP) Dr. H. Zulfa Eff Uli Ras, M.PD dalam kata sambutannya pada acara Dies Natalis Ke 48 ITP tersebut.
 
Institut Teknologi Padang  selama ini, tetap mengacu kepada filosofi ”dari masyarakat, demi masyarakat dan kembali kemasyarakat”. Hal ini didukung oleh adanya ”keterbukaan manajemen”, dan “kebersamaan” yang diselenggarakan dengan ”tingkah laku terpuji serta didasari oleh ”kejujuran dan kesantunan”.
 
“Pada kesempatan ini saya ingin  menyampaikan terimakasih dan penghargaan yang tinggi kepada            Kepala LLDIKTI Wilayah X, yang selama ini telah banyak membantu dan membina ITP sehingga ITP bisa tumbuh dan berkembang seperti sekarang ini, kami akan selalu mohon bimbingan dan arahan agar ITP selalu “berprestasi dan berkualitas, lanjut Zulfa.
 
Dalam kata sambutan Rektor ITP Dr. Ir Hendri Nofrianto MT menyatakan,  “ Institut Teknologi Padang menjadi lembaga pendidikan tinggi terbaik dan unggul, sesuai dengan motto yang telah ditetapkan ”Berprestasi dan Berkualitas” Visi ITP kedepan adalah “Menuju World Class University 2040
 
Rapat senat terbuka Dies Natalis ITP  ini juga di isi dengan orasi ilmiah yang disampaikan oleh Syafri Wardi, Ph.D, dengan judul “Perkuatan seismik pada hubungan balok-kolom beton bertulang yang tidak memenuhi standar ketahanan gempa”. Kemudian dilanjutkan dengan penyerahan penghargaan SatyaLencana KaryaSatya, serta penyerahan lifetime achievement bagi partnertship ITP. Salah satunya penghargaan bagi partnership ITP diberikan kepada UGM (Universitas Gajah Mada).
 
Setelah peringatan Dies Natalis ITP ke 48 ini acara dilanjutkan dengan peletakan batu pertama atau penandatanganan prasasti pembangunan kampus II di Aia Pacah.*


Wartawan : Eka Risnayenti
Editor : Benk123

Tag :#itp