HOME PEMBANGUNAN NASIONAL

  • Senin, 21 Desember 2020
Di penghujung jabatannya, Gubernur Sumbar, Terima Penghargaan Green Leadership
Gubernur Sumbar, Irwan Prayitno, dengan penghargaan Nirwasita Tantra atau Green Leadership, yang diterima dari Menteri LHK, Siti Nurbaya di Jakarta, Senin (21/12/2020).

Jakarta (Minangsatu) - Gubernur Sumatera Barat (Sumbar), Irwan Prayitno dan Ketua DPRD Provinsi Sumbar, Supardi, meraih penghargaan Nirwasita Tantra atau Green Leadership, Senin, (21/12/2020). Penghargaan diserahkan oleh Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Siti Nurbaya di Gedung Manggala Wanabakti, Jakarta.

Penilaian Green Leadership ini merupakan program Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) secara nasional yang memberikan penilaian kepada kepala daerah dalam hal ini gubernur dan ketua DPRD yang mempunyai komitmen untuk menjaga kualitas lingkungan hidup di daerah dan didukung oleh inovasi-inovasi daerah dalam menyelesaikan permasalahan-permasalahan lingkungan yang ada.

Prestasi nasional yang diukir Gubernur Irwan Prayitno, di penghujung masa jabatan dua periodenya di Sumbar, disyukuri. "Alhamdulillah, tahun ini Sumbar peringkat 1 nasional. Dalam 10 tahun terakhir, Pemprov Sumbar selalu menerima penghargaan Green Leadership dari pemerintah pusat dan tetap masuk tiga besar, pernah peringkat 3, hingga peringkat 1," kata Irwan Prayitno.

Sumatera Barat telah berkomitmen dalam perumusan kebijakan pembangunan berkelanjutan, dengan berbagai inovasi membangun jejaring dengan semua stakeholder, pengembangan energi baru terbarukan dan secara spesifik penguatan urusan lingkungan hidup.

Irwan Prayitno mengatakan, penghargaan yang diterima juga tidak lepas dari kerjasama yang telah terjalin baik antara Pemerintah Provinsi dengan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sumbar selama ini serta dukungan anggaran kegiatan yang meningkat setiap tahunnya.

"Kami mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang sama berkomitmen menjaga lingkungan, sehingga Sumbar mampu meraih penghargaan tersebut. Hal tersebut tercapai karena kerja keras semua pihak dalam menjaga kebersihan," ucapnya.

Dalam sambutan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI, Siti Nurbaya, mengatakan Green Leadership 'Nirwasita Tantra' dan Kalpataru merupakan program yang penting dan memiliki nilai prestise yang tinggi. "Pemberian penghargaan ini adalah amanah bagi penerimanya untuk tetap menjaga dan meningkatkan kepeloporan serta upaya-upaya pemeliharaan lingkungan hidup dan kehutanan," ungkapnya.

Menteri LHK Siti Nurbaya memberikan penghargaan Green Leadership Nirwasita Tantra kepada Kepala Daerah dan DPRD Tingkat Provinsi yang juara pertama Provinsi Sumatera Barat, kedua Provinsi Jawa Tengah dan peringkat tiga Provinsi Jawa Barat, yang telah berperan aktif dalam pembangunan Lingkungan Hidup.

Selain Gubernur dan Ketua DPRD Sumbar, ada 6 (enam) kabupaten kota lainnya di Sumbar yang juga menerima penghargaan Green Leadership dan Nirwasita Tantra; Kabupaten Dharmasraya, Kabupaten Pesisir Selatan, Kota Padang, Kota Bukittinggi, Padang Panjang, dan Kota Payakumbuh.

"Semoga ajang ini akan terus memicu dan memacu setiap daerah dalam meningkatkan pengelolaan lingkungan hidup dan kehutanan," tuturnya.


Wartawan : Rilis/Hms-Sb
Editor : ranof

Tag :#Nirwasita tantra#Green leadership#Menteri lhk#Siti nurbaya#Gubernur sumbar#