HOME PEMBANGUNAN KABUPATEN DHARMASRAYA

  • Jumat, 17 Februari 2023

Dharmasraya Canangkan Bulan Peduli Sampah, Aktifkan Semua Potensi

Susana rapat persiapan bukan peduli sampah oleh Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Dharmasraya. (Foo : ist).
Susana rapat persiapan bukan peduli sampah oleh Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Dharmasraya. (Foo : ist).

Dharmasraya (Minangsatu) - Dalam rangka memperingati Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) yang jatuh pada Tanggal 21 Februari yang akan datang, Pemerintah Kabupaten Dharmasraya akan melaksanakan kegiatan Bulan Peduli Sampah.

“Sudah menjadi komitmen Pak Bupati Sutan Riska Tuanku Kerajaan, bahwa setiap program pemerintah pusat harus kita sukseskan di daerah, maka Hari Peduli Sampah yang akan diperingati secara nasional pada 21 Februari yang akan kita jadikan sebagai Bulan Peduli Sampah yang akan dilangsungkan pada bulan ini sampai Maret yang akan datang,” terang Kepala DLH Budi Waluyo.

Kata Budi Waluyo, Kabupaten Dharmasraya yang menjadi salah satu pusat tertumbuhan ekonomi dan tujuan migrasi masyarakat di Sumatera Barat, berpotensi menimbulkan permasalahan persampahan, apabila tidak dikelola dengan baik.

“Jadi, pertumbuhan ekonomi, meningkatnya konsumsi masyarakat dan tumbuhnya pemukiman-pemukiman baru di daerah kita, jika tak dikelola dengan baik, berpotensi menimbulkan permasalahan persampahan,” lanjut Budi.

Oleh karena itu Budi menjelaskan, melalui kegiatan Bulan Peduli Sampah ini pihaknya akan berkolaborasi dengan seluruh sektor untuk pelembagaan kepedulian sampah di tengah masyarakat dalam perspektif iklim, ketahanan ekologi, ekonomi dan sosial masyakarat. Rapat persiapan sudah dilakukan Rabu 15 Februari 2023.

Adapun tujuan kegiatan ungkap Budi yaitu  untuk memperkuat komitmen dan peran aktif pemerintah daerah dalam melaksanakan pengelolaan sampah, memperkuat partisipasi publik dalam upaya mencapai zero emisi melalui kerakan memilah sampah, mengimplementasikan bisnis hijau, serta memperkuat tata kelola persampahan.

Untuk mendukung Bulan Peduli Sampah Kabupaten Dharmasraya ini, dilaksanakan sejumlah kegiatan pendukung yakni gotong royong peduli sampah, lomba kebersihan dan demonstrasi pemilahan sampah.

“Untuk gotong royong peduli sampah ini dilaksanakan pada Jum’at 17 Februari 2023, di dua lokasi yakni Pasar Pulau Punjung dan Pasar Sikabau, serta melibatkan siswa-siswi SMP,” lanjutnya.

Selain itu gotong royong peduli sampah ini juga akan dilaksanakan secara serentak di seluruh kantor pemerintah pada hari yang sama. Namun demikian kata Budi, walaupun fokus  untuk tahun pertama ini di Kecamatan Pulau Punjung, Ia berharap, gotong royong peduli sampah ini juga diikuti secara serentak seluruh satuan pemukiman yang ada di Kabupaten Dharmasraya.

“Sedangkan untuk lomba kebersihan akan diikuti seluruh Organisasi Perangkat Daerah, Sekolah, dan Nagari. Adapun kriteria penilaian lomba kebersihan dalam rangka Bulan Peduli Sampah ini meliputi, mekanisme persampahan, tersedianya fasilitas persampahan dan kondisi kebersihan lingkungan. Kriteria detailnya nanti dijelaskan saat technical meeting,” papar Budi.

Sementara, untuk  demonstrasi pemilahan sampah dilaksanakan di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Rabusa Gunung Medan. Menurut rencana akan dihadiri Bupati Dharmasraya Sutan Riska Tuanku Kerajaan dan seluruh Kepala OPD, dan Walinagari. Pada waktu itu akan dilaksanakan penandatangan MoU pelayanan persampahan antara kepala OPD dengan Kepala Dinas Lingkungan Hidup.


Wartawan : Syaiful Hanif
Editor : ranof

Tag :#Hari Peduli Sampah #Dharmasraya #Sumbar

Baca Juga Informasi Terbaru MinangSatu di Google News

Ingin Mendapatkan Update Berita Terkini, Ayu Bergabung di Channel Minangsatu.com