HOME WEBTORIAL KOTA PAYAKUMBUH


  • Senin, 19 Agustus 2019
Cuaca Cerah, Puncak Peringatan HUT RI Ke-74 di Kota Payakumbuh Berlangsung Khidmat
Walikota Riza Falepi menjadi Inspektur Upacara HUT RI ke 74 di Payakumbuh

Payakumbuh (Minangsatu) - Pelaksanaan Upacara Bendera sebagai puncak peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-74 di Kota Payakumbuh berlangsung khidmat serta didukung cuaca yang cerah.

Upacara Bendera detik - detik Proklamasi dihari Sabtu, 17 Agustus 2019 dimulai pukul 10.00 WIB di Lapangan Kubu Gadang Kelurahan Koto Kociak Kubu Tapak Rajo, Kec. Payakumbuh Utara Kota Payakumbuh.

Peringatan HUT RI Ke 74 Tahun 2019 ini di isi dengan tema "Dengan Semangat Proklamasi 17 Agustus 1945, Kita Wujudkan Masyarakat Sejahtera Menuju Payakumbuh Menang".

Bertindak selaku Inspektur Upacara Walikota Payakumbuh H. Riza Falepi ST.MT, Komandan Upacara Kapten Inf Matril dan Perwira Upacara Kapten Czi Joni Forta. Sedangkan pembaca doa Kepala Kankemenag Kota Payakumbuh Jufrimal.

Upacara peringatan HUT RI ke 74 di Kota Payakumbuh berlangsung ramai dengan diikuti peserta mulai dari Kodim 0306/50 Kota,  Batalyon 131/Brs, Denzipur 2/P, Polres Kota Payakumbuh, Satuan Polisi Pamong Praja (Sat Pol PP) Kota Payakumbuh,  Dinas Perhubungan Kota Payakumbuh, Aparatur Sipil Negara (ASN)Kota Payakumbuh, Mahasiswa/i, Anggota  Pramuka, Pelajar SMA, Pelajar SMP, Pelajar SD, Korsik dan Paduan suara.

Selain itu, tampak juga hadir Kapolres Kota Payakumbuh AKBP Endrastiawan S.S.IK, Kasdim 0306/50 Kota Mayor Czi Manat Bungaran Sianturi, Denzipur 2/PS, Danyon 131/Brs Mayor Inf. Yusuf Saud Tanjung, Wakil Walikota Payakumbuh H. Erwin Yunaz SE.MM, Ketua DPRD Kota Payakumbuh YB. DT Parmato Alam, Kepala BNNK Payakumbuh, Ketua Pengadilan Negeri Dr. Indah Wastukencana Wulan, S.H., M.H, Kajari Kota Payakumbuh Pimpinan OPD Kota Payakumbuh, Veteran, Tokoh masyarakat, Ninik Mamak Bundo Kandung dan masyarakat Kota Payakumbuh

Walikota Payakumbuh Riza Falepi didampingi Wawako Erwin Yunaz mengajak warga untuk mengambil hikmat dari HUT RI yang ke-74 kali ini. "Mari jadikan momentum ini untuk merekat kembali komitmen kebangsaan kita untuk menciptakan SDM yang unggul dan Indonesia yang Maju, Makmur, Adil dan Sejahtera," kata Walikota Riza Falepi.

"Kami ucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah mendukung terselenggaranya upacara bendera. Semoga menjadi amal ibadah bagi kita semua. Dan terima kasih kepada anak-anak kami Pasukan Pengibar Bendera (Paskibra) yang telah berjuang melaksanakan amanah dengan sepenuh jiwa dan raga, semoga kelak menjadi bekal berharga bagi kalian menaklukkan tantangan zaman kedepan yang semakin besar, Selamat dan Dirgahayu Kemerdekaan RI Ke 74 Tahun 2019. Merdeka!," pungkas Riza Falepi mantap.

Bendera Raksasa Dibentangkan Di Payakumbuh

Selain upacara di lapangan Kubu Gadang, juga di lakukan upacara  Pengibaran Bendera Merah Putih Raksasa di RTH Jembatan Ratapan Ibuh Sabtu (17/8) siang. Bendera dengan ukuran 45x17 meter itu membentang melintasi Batang Agam selama 1 minggu penuh, bendera itu akan berkibar dari 17 sampai 24 Agustus 2019.

Upacara pengibaran bendera merah putih raksasa itu disaksikan langsung oleh Walikota Riza Falepi dan Wakil Walikota Erwin Yunaz bersama seluruh jajaran Forkopimda Kota Payakumbuh dan ribuan masyarakat yang beramai-ramai memenuhi disekeliling RTH Jembatan Ratapan Ibuh untuk menyaksikan iven epik itu.

Dukungan penuh Walikota Payakumbuh Riza Falepi dalam pembentangan Bendera Raksasa yang untuk kedua kalinya itu seiring dengan pelaksanaannya yang sukses dengan Panitia Pelaksana dari FKPPI, Bela Negara, GozeroOne, dan Vertical Rescue, dibawah binaan Kodim 0306/50Kota melalui Koramil 01/Pyk, yang juga bekerjasama dengan PLN dan CV. Bromo Konstruksi.

Wakil Ketua FKPPI sekaligus Ketua Pelaksana pengibaran bendera raksasa ini Masrial/Mai Taram dalam laporannya menyebut terlaksananya acara ini tidak lepas dari hasil kolaborasi dan koordinasi baik semua pihak yang sudah membantu memfasilitasi dan mempersiapkan Pengibaran Bendera Raksasa itu selama 28 hari lamanya.

"Dibawan binaan Dandim 0306/50 Kota melalui Koramil 01/Pyk, kami juga bersinergi bersama Pemko yang sudah membantu kegiatan ini dalam anggaran Perubahan Dinas Pariwisata. Kepada Walikota khususnya atas dukungan dan amanahnya melalui OPD terkait termasuk BPBD yang bersusah payah membantu kami, kami sangat mengapresiasi sekali, kami dari FKPPI siap bersama Pemko Payakumbuh untuk menggerakkan perubahan," ujar Mai Taram mantap.

Walikota Riza Falepi dalam sambutannya membalas, turut memberikan apresiasi kepada FKPPI dan seluruh pihak yang telah membantu mensukseskan gelaran pengibaran bendera raksasa tersebut. Riza merasa terharu dimana latar tempat pembentangan Bendera Merah Putih Raksasa itu adalah tempat bersejarah bagi orang Payakumbuh.

"Jujur, cerita paman saya, kakeknya dulu berjuang disini. Dua-dua nya pernah akan ditembak oleh penjajah, untung Perjanjian Rumroyen waktu itu ditandatangani, sehingga mereka selamat, begitu cerita Datuak Rajo Kaampek Suku yang sebelumnya kepada saya," kata Riza.

Riza menyebut banyak pelajaran yang bisa diambil dari momen kemerdekaan Negara Republik Indonesia, mengenang orang yang sudah berjasa kepada negara, sedangkan bagi yang menikmati kemerdekaan, ada banyak tugas yang belum selesai, menurut Riza tugas itu bukan hanya milik perseorangan, namun yang harus diemban bersama.

"Saya mengajak ormas untuk berubah, kita semua untuk berubah, dimana akan semakin banyak rintangan kedepannya, dan untuk menghadapi itu seluruh unsur tidak bisa bersantai saja, mari kita saling bersatu dalam menciptakan perubahan untuk kemajuan Payakumbuh," himbau Riza.

Riza menambahkan, semua orang harus menikmati kemerdekaan ini, bangkit bersama-sama membangun kota Payakumbuh, agar kita bisa turut merasakan hasil dari sebuah usaha yang diraih melalui perjuangan keras.

"Saya memiliki harapan agar setiap generasi muda miliki semangat juang seperti pendahulu, dimana meraih kemerdekaan itu menjadi tujuan mereka, saya mengajak FKPPI dan ormas lain mari kita bergerak untuk menggerakkan seluruh masyarakat agar bisa melihat bahwa tantangan kedepan akan semakin berat, kita hadapi bersama-sama," pungkas Riza.

Wawako Erwin Yunaz Kunjungi Kediaman  Veteran

Setelah pelaksanaan detik-detik proklamasi HUT RI ke-74 yang ditandai dengan upacara penaikan bendera Merah Putih di Stadion Kubu Gadang, Wakil Walikota Erwin Yunaz bersama Ketua GOW Ny. Machdalena Erwin Yunaz, Asisten 1 Yoherman, Asisten II Elzadaswarman, Kadis Sosial Idris dan jajaran melakukan anjang sana ke rumah dua Janda pejuang di Payakumbuh.

Dalam kunjungan ini Pemko Payakumbuh menyerahkan bantuan makanan berupa beras, supermie, susu, minyak goreng, gula, teh, roti dan makanan lainnya, sebagai kado di Hari Ulang Tahun Kemerdekaan RI ke 74.

Acara yang turut dihadiri oleh Camat dan jajaran lurah tersebut berlangsung sederhana dan hikmat bersama warga setempat yang menyambut Erwin Yunaz beserta rombongan.

Dua Janda yang dikunjungi oleh orang nomor dua di Kota Payakumbuh itu adalah Huriyah (84 tahun) di Kelurahan Balai Panjang Payakumbuh Selatan yang merupakan Janda Perintis Kemerdekaan dan Chadijah (90 tahun) di Kelurahan Napar Payakumbuh Utara yang merupakan Janda Veteran.

Wawako menyebut, negara wajib menyampaikan kebahagiaan dan memberikan penghargaan bagi para pejuang kemerdekaan Indeonesia.

"Kami mewakili pemerintah kota Payakumbuh, sebagai wujud rasa terimakasih kepada orang tua yang sudah memberikan jerih payah perjuangannya bagi kemerdekaan bangsa ini, kami juga ingin mengisi kemerdekaan dengan perjuangan lainnya bagi Indonesia," kata Erwin Yunaz.

Ditegaskan oleh Erwin Yunaz, bagi keluarga pejuang ada penghargaan dan perlindungan baik dari pemerintah pusat, maupun pemerintah daerah setempat.

"Istri, anak dan keluarga pejuang ada tempat khusus di mata pemerintah, dan itu dijamin oleh kita di Kota Payakumbuh, yang paling kita tekankan disini apalagi jaminan kesehatannya," kata Erwin.

Dalam dua anjangsana itu, wawako juga menggelar sesi foto bersama PSM sekecamatan.

Selain itu, pada Minggu malam (18/18),  masih dalam rangka HUT RI ke 74,  Pemko Payakumbuh melalui Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga juga memberikan hiburan untuk masyarajat kota. Di malam hiburan yang  digelar di kompleks Medan Nan Bapaneh Ngalau Indah  ini pemko mengundang artis minang populer seperti Ipank, Kintani Putri Media dan Tari KDI untuk menghibur masyarakat kota


Wartawan : Fegi
Editor : boing

Tag :#HUT RI #Kota Payakumbuh