HOME PARIWISATA KABUPATEN PASAMAN BARAT

  • 28-October-2018
  •  
  • 21:40:21
  •  

Bupati Syahiran Menutup Festival Pesona Air Bangis

PASAMAN BARAT (Minangsatu) – Bupati Pasaman Barat H Syahiran menutup Festival Pesona Air Bangis (FPAB) 2018. Ribuan masyarakat Pasaman Barat antusias mengikuti penutupan FPAB yang berlangsung di kawasan Lapangan Pantai Air Bangis, Kecamatan Sungai Beremas, Minggu (28/10/2018) sore.

Iven tahunan FPAB ini merupakan pelaksanaan yang kedua, diselenggarakan selama tiga hari, dimulai  Jumat (26/10). 
Bupati Pasaman Barat, H. Syahiran mengatakan, FPAB diselenggarakan dengan tujuan untuk memperkenalkan kebudayaan dan pariwisata dalam konsep wisata yang islami di Pasbar kepada masyarakat luar.

"Sudah saatnya potensi wisata Pasbar yang sangat indah ini kita promosikan. Seperti kawasan wisata pesisir pantai dan pulau-pulau yang ada di Air Bangis yang memiliki keindahan yang tak kalah menariknya jika dibandingkan dengan daerah lain,” ujar Bupati Syahiran. 

Dikatakan, Air Bangis memiliki ciri khas yang unik yakni destinasi pariwisata dengan sebutan Negeri Sembilan. Keunikan Negeri Sembilan nya seperti Sembilan Pulau, Sembilan Kampung, Sembilan Ulama, Sembilan Teluk, Sembilan Batu, Sembilan Muaro, Sembilan Gunung, dan Sembilan Ujung.

“Dengan potensi tersebut kakhasan Pantai Air Bangis sangat layak dijadikan tujuan wisata. Kita miliki potensi wisata yang sangat luar biasa. Untuk itu, sudah saatnya kita berpikir bahwa pariwisata bukanlah suatu hal yang tabu untuk dikembangkan,” tutur Syahiran. 

Berbagai hasil laut dan produk kerajinan lokal yang dikelola masyarakat secara swadaya juga akan mendapati wadah promosi dan penjualan yang lebih efisien.

"Beberapa ikon Pasbar yang berasal dari Nagari Air Bangis seperti Sulaman Emas Air Bangis, Ikan Asin Talang dan Udang Kualitas Ekspor yang merupakan potensi sekaligus kearifan lokal yang punya harga jual yang sangat tinggi ketika dipasarkan.

Selain itu Air Bangis terkenal dengan wilayah potensi biji besi.

Syahiran menegaskan, potensi tersebut harus terus diangkat dan dikembangkan secara maksimal dari waktu demi waktu. Meskipun hal tersebut memakan waktu yang mungkin relatif panjang, berkaca pada pengalaman daerah lain. Namun hal tersebut tentunya tidak akan menjadi kendala yang berarti.

"Festival Pesona Air Bangis sudah berjalan dengan sangat baik. Ada banyak bakat yang dimiliki masyarakat Pasbar yang ditampilkan di sini. Semoga kegiatan ini menjadi langkah besar dalam sejarah perkembangan pariwisata Pasbar," harapnya.

Sementara itu, Camat Sungai Beremas, Yulhamnas mengatakan, festival Pesona Air Bangis juga dimeriahkan dengan rangkaian perlombaan seperti lomba prakarya barang bekas, lomba memasak gulai kepala ikan, lomba melukis, seminar kepariwisataan dan lain-lain.

"Kita berharap acara ini akan berlanjut di masa yang akan datang karena banyaknya manfaat yang diperoleh seperti pengenalan potensi wisata yang ada, ajang silaturahmi Pemkab Pasbar bersama masyarakat dan menjadi ajang pencarian bakat generasi Pasaman Barat

Turut dihadiri, Ketua TP. PKK Pasbar, Yunisra Syahiran, Sekda Pasaman Barat, Andrinaldi, Asisten Ekonomi dan Pembangunan, Rafa'an, Asisten Administrasi, Irwan Nasution, Kadisdik, Marimus, Kabag Humas, Yosmar Difia, Kabag Umum, Faisal, Camat Sungai Beremas, Yulhamnas, Wali Nagari Air Bangis, Efif Syahrial dan sejumlah pejabat sipil, TNI dan Polri.

Reporter: Afratama/Hum
Editor: Taufik Effendi


Tag :#pasaman#pesona air bangis  


Nama
Email
Komentar