HOME SOSIAL BUDAYA NASIONAL

  • Rabu, 12 Agustus 2020
Bahas Bahasa dan Literasi di Era New Normal, FBS UNP Gelar Seminar Internasional
Seminar internasional jurusan bahasa dan sastra Indonesia dan daerah, FBS UNP

Padang (Minangsatu) - Jurusan bahasa dan sastra Indonesia dan daerah, Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Padang (FBS UNP) gelar seminar internasional melalui zoom dan siaran langsung youtube, Rabu (12/8).

Mengangkat tema "Language, literature, education, and information in New Normal", hadir sebagai pembicara Dr. Suryadi dari Leiden University, Prof.  Dr. Syahrul, R., M.Pd. dari UNP, Dr. Marzni M. Mochtar dari Universitas Putra Malaysia, dan Dr. Sa'eda Buang dari Universiti Teknologi Nanyang.

Prof. Dr. Syahrul, M.Pd. menjelaskan pembelajaran jarak jauh saat pandemi Covid-19, terkait implementasi, evaluasi, dan harapan. "Pembelajaran jarak jauh merupakan salah tau solusi yang digunakan di berbagai tempat di dunia untuk mengatasi penularan sehubungan dengan pandemi COVID-19."

Ia menyebutkan ada beberapa keunggulan dan kelemahan dari sistem pembelajaran ini. Adapun keunggulannya yakni dapat dilakukan dimana saja dan kapan saja, fleksibel dan rileks, memunculkan pengalaman baru, serta materi terdokumentasi dan dapat dipelajari kembali. Sementara, kekurangannya meliputi jaringan internet guru dan siswa tidak stabil, beban tugas berlebihan, siswa kurang aktif dan komunikatif.

Dekan FBS UNP, Prof. Dr. Ermanto, M.Hum. dalam pemaparannya menyampaikan perkembangan teknologi digital yang pesat pada masa kini menuntut dimilikinya kemampuan-kemampuan dasar yang tidak saja bersandarkan pada konsep literasi dalam penelitian klasik. "Harus disadari manusia hidup pada masa kini tidak cukup berbekal pada kemampuan baca dan tulis saja, melainkan harus dilengkapi dengan keterampilan dan kemampuan komunikasi dan keterampilan analitik yang menunjang kemampuan hidup di abad ke-21".

Selaras, Rektor UNP Prof. Ganefri, Ph.D. berharap agar konferensi internasional ini bisa mendiskusikan dan merumuskan berbagai rekomendasi dalam bidang bahasa, sastra, dan pembelajaran. "Terutama ilmu informasi yang berkaitan dengan upaya membantu bangsa kita ini untuk mengatasi agar wabah Virus Corona ini tidak terus-menerus mengancam kita", tuturnya.


Wartawan : Sabrina Fadilah Az-Zahra
Editor : sc.astra

Tag :#UNP #FBS #SeminarInternasional #Bahasa&Literasi #NewNormal