HOME EKONOMI PROVINSI SUMATERA BARAT

  • 30-January-2019
  •  
  • 16:53:54
  •  

Atas Fasilitasi MBS EC, Segera dibentuk Akademi Kopi Minangkabau

Pembentukan Asosiasi Kopi Minangkabau Padang

Padang (Minangsatu) - Minangkabau Business School and Entrepreneurship Center (MBS-EC) bersama sejumlah pengusaha dan pecinta kopi di Sumatera Barat (Sumbar) yang tergabung dalam Asosiasi Kopi Minangkabau (AKM), Rabu (30/1), bertempat di aula Dinas Peternakan Sumbar, berhasil menginisiasi cikal bakal Akademi Kopi Minangkabau. 

Acara yang semula adalah silaturrahmi sesama petani, pebisnis dan pencinta kopi, yang dimoderatori oleh Profesor Helmi dari Universitas Andalas (Unand) Padang itu, juga berhasil menyepakati sejumlah agenda penting terkait pengembangan kopi. Selain diagendakan kegiatan Festival Kopi di Padang, juga digagas terbentuknya Akademi Kopi Minangkabau.

Terkait urgensi dibentuknya Akademi Kopi Minangkabau itu, kepada Minangsatu, Rabu (30/1), Helmi mengatakan, “Kita perlu menetapkan standar kualitas dan citarasa kopi Minangkabau. Oleh sebab itu perlu ada lembaga sebagai penjaga dan pengawal standar itu.”

Dikatakan, dengan adanya citarasa kopi khas Minangkabau ini, akan memberi ruang bagi pebisnis kopi daerah ini untuk menjadi kompetitor bagi produk kopi yang duluan tenar, seperti kopi Gayo, kopi Mandailing, dan kopi Sulawesi.

Acara silaturahmi ini dihadiri sejumlah pebisnis kopi, seperti pengusaha Kopi Datuk dari Solok Selatan, pengusaha Kopi Solok Rajo, dan pemilik Cafe Denai Limapuluh Kota. Dalam silahturahmi tersebut banyak harapan dari para pebisnis kopi, antara lain berkenaan dengan mem-branding citarasa kopi sebagai kopi khas dari Minangkabau.

Ketua AKM, Atila Majidi yang biasa di panggil Datuk ini, mengharapkan asosiasi bisa menjadi pemersatu serta tempat berbagi informasi antar pemangku kepentingan, seperti petani dan pebisnis, bahkan sampai ke tingkat retail. (sc)


Tag :Kopi Minangkabau  


Nama
Email
Komentar