HOME PARIWISATA KABUPATEN TANAH DATAR

  • 14-October-2018
  •  
  • 21:50:33
  •  

Apresiasi Alek Pacu Jawi, Kapolda Sumbar Tawarkan Perebutan Piala Bergilir Kapolda Cup

Kapolda Sumbar Irjend Pol Fakhrizal serahkan hadiah kepada juara I lomba pacu jawi Tanah Datar, Sabtu (13/10)

TANAH DATAR (Minangsatu) - Pertama kali Kapolda Sumbar Irjend Pol. Drs. Fakhrizal M.Hum menyaksikan sekaligus membuka Kegiatan alek Pacu Jawi  di Sawah Tanjung Durian, Jorong Sungai Tarab, Nagari Sungai Tarab, Kab. Tanah Datar, Sabtu (13/10), memberi kesan menarik bagi Kapolda.

 

Hadir bersama ketua Bhayangkari Ny. Ade   Fakhrizal, Wakapolda Drs. Damisnur. AM.SH.MM dab Pejabat Utama Polda Sumbar lainnya, Bupati dan Forkompimda Kab. Tanah Datar, Komisaris Utama PT. BRI, Ketua serta Wakil Ketua DPRD setempat dan Kapolres Tanah Datar H. Bayuaji Yudha Prajas. SH, Kapolda Fakhrizal disambut silat tradisi dan tari piring dengan menyuguhkan sirieh dalam carano.

Menyambut alek nagari pacu Jawi ini, Kapolda Sumbar mengaku merasa terharu. Alasannya, selama bertugas di Sumbar, selaku putra Minangkabau dirinya baru pertama kalinya menyaksikan langsung Alek nagari Pacu Jawi yang merupakan peninggalan warisan budaya leluhur.

Ia sekaligus mengapresiasi kegiatan kebudayaan ini tetap diselenggarakan masyarakat dan pemerintah daerah. Sebagai bentuk  melestarikan budaya, kegiatan Pacu Jawi harus dipertahankan dan diselenggarakan secara berkala. " Kalau bisa pada masa datang  event Pacu Jawi ini bisa memperebutkan piala bergilir Kapolda Cup," sebut Fakhirzal yang disambut riuh tepuk tangan ribuan pengunjung.

Sementara itu, sebagai panitia alek Pacu Jawi, Indra Tanjung, menyampaikan terima kasih atas kehadiran Kapolda Sumbar dan jajarannya. Selama adanya Alek Pacu Jawi, sebut Indra, baru kali ini dihadiri langsung oleh Kapolda. " Inilah Alek pacu Jawi paling meriah. Atas dukungan dari bapak Kapolda, kita pasti  akan melaksanakan kegiatan ini memperebutkan piala bergilir Kapolda Cup," tegasnya.

Pihaknya merasa yakin, dengan perebutan piala Kapolda Sumbar, tentu akan menambah gairah  peserta dan panitia melaksanakan kegiatan budaya ini. " Kita optimis dengan perebutan piala Kapolda Sumbar,   Alek Pacu Jawi ini akan menjadi perlombaan yang berkelas,"  ujar Indra.
Pada perlombaan Pacu Jawi tersebut,  para  pemenang juara I , II dan III  mendapatkan hadiah berupa uang pembinaan sebesar Rp 5 juta dan trophi,  direbut pasangan Bugih. Juara II
dengan hadiah sebesar Rp. 3 juta diraih pasangan JSB dan juara III dengan hadiah sebesar Rp. 1,5 juta direbut pasangan Madau.

(Tengku)

 


Tag :#Pacu Jawi #Kapolda sumbar  


Nama
Email
Komentar