HOME WEBTORIAL KABUPATEN PASAMAN BARAT


  • Sabtu, 8 Februari 2020
Agus Susanto: Pembangunan Irigasi Batang Bayang Merupakan Langkah Strategis untuk Penguatan Ketahanan Pangan Nasional

PASAMAN BARAT (Minangsatu) - pembangunan Daerah Irigasi Batang Bayang merupakan langkah strategis untuk wilayah dalam penguatan ketahanan pangan Nasional. Hal itu di sampaikan Agus Susanto salah seorang Tokoh Pasaman Barat yang berasal dari Ujung Gading, Kecamatan Lembah Melintang kepada Minangsatu berapa waktu yang lewat.

Ia mengajak kepada warga Pasaman Barat di Kecamatan Lembah Melintang Khususnya untuk menjaga pembangunan tersebut merupakan fasilitas umum yang patut di banggakan.

"Mari kita jaga Fasilitas ini yang mana manfaatnya sangat luar biasa bagi warga terutama bagi petani kita. Sebab bendungan tersebut dapat mengairi ribuan hektar sawah selain itu juga menjadi objek wisata, sarana olah raga, tentunya disitu jadi tempat perputaran ekonomi juga," ucap Mantan Anggota DPR RI itu.

Sementara, Project Production Manager PT Adhi Karya KSO Indo Bangun Group Muh Ari Yunianto mengatakan, saluran Induk DI Batang Bayang telah selesai di kerjakan 100 %.

"Saluran Induk sudah 100%. Sedangkan fasilitas umum lainnya seperti balairung juga sudah 100 % selesai, musholla sudah 99 %, begitu juga dengan Lanscape beserta pohon dan tanaman lainnya bulan ini selesai di kerjakan," sebutnya kepada Minangsatu, Senin (03/02/2020).

Pihaknya menargetkan semua pekerjaan selesai di 31 Maret 2020 meski kontrak kerja berakhir di tanggal 30 Juni 2020.

"Lahan kita semuanya sudah bebas untuk progres pekerjaannya sendiri di tanggal 25 Januari 2020 sudah mencapai 95,837 %, hanya saja saluran Suplesi masih ada sekitar 200 meter lagi dalam masa pekerjaan, bulan ini targetnya selesai dan sudah di aliri air," ungkapnya.

Sedangkan Jalan beton yang di bangun sepanjang 53 Kilo Meter masih ada sepanjang 800 Meter yang masih dalam pekerjaan.

"Masa pemeliharaan bangunan itu ada sekitar 365 hari kalender. Saat ini termen yang sudah di realisasikan dari total nilai kontrak telah mencapai 93,6 % di bulan Desember 2019," tuturnya


Wartawan : Afratama
Editor : boing

Tag :#Pasaman Barat#Batang Bayang#irigasi