HOME HUKRIM KABUPATEN SIJUNJUNG

  • Rabu, 9 September 2020
Antisipasi Hoaks dan Isu SARA, Polres Sijunjung Bentuk Tim Cyber Troops
Kapolres Sijunjung, AKBP Andry Kurniawan, S.I.K, di hadapan wartawan

Sijunjung (Minangsatu) - Untuk mengantisipasi penyebaran berita hoaks, isu SARA dan hal yang bersifat provokatif di media sosial pada masa tahapan Pilkada, Polres Sijunjung akan membentuk tim khusus yang dinamakan tim Cyber Troops. Pasukan Siber ini memantau aktivitas media sosial, terutama yang menyangkut Pilkada Sijunjung.

Menurut Kapolres Sijunjung, AKBP. Andry Kurniawan, S.Ik. M.Hum, Selasa (8/9) Tim khusus ini diharapkan bisa mengantisipasi penyebaran berita hoaks, isu SARA dan hal yang bersifat provokatif di media sosial pada masa tahapan Pilkada. " Kita bentuk tim ini sebagai antisipasi munculnya berita bohong atau hoaks, isu SARA, provokatif yang bisa memicu terjadinya gangguan Kamtibmas di Sijunjung,”  terang Andry Kurniawan.

Dijelaskan, keberadaan tim khusus ini, sekaligus untuk merespons perubahan-perubahan pelaksanaan Pilkada di masa pandemi Covid-19. Pada masa kampanye nanti, pasangan calon kemungkinan akan banyak menggunakan media internet untuk sosialisasi. Kondisi pandemi saat ini, terbatasnya pelaksanaan kampanye, sehingga media sosial akan mendapat tempat yang strategis, " Keberadaan tim Cyber Troops akan mengawasi itu," sambung Kapolres.

Kendatipun tim ini dari Polres Sijunjung sendiri, namun dalam tugasnya tetap akan berkordinasi dengan pihak penyelenggara pemilu dan Gakkumdu. Jika ditemukan adanya pelanggaran, akan diteliti apakah hal itu masuk pelanggaran pemilu atau masuk pidana umum dan pelanggaran UU ITE.

Langkah itu diambil, tegas Andry, agar situasi kondusif di Sijunjung tetap dijaga secara bersama, apalagi menyongsong Pilkada 9 Desember mendatang. Ia juga mengimbau agar masyarakat saling menjaga Kamtibmas kondusif, dengan tidak menyebar isu yang bisa menimbulkan konflik dan perpecahan di tengah masyarakat. " Mari kita sukseskan Pilkada ini dengan damai dan aman, pemilu badunsanak,” ujar Andry.


Wartawan : Syaiful Husein
Editor : sc.astra

Tag :#PolresSijunjung #CyberTroops #Hoaks #SARA #Sumbar