HOME SOSIAL BUDAYA KOTA BUKITINGGI

  • Kamis, 15 April 2021

1.786 KPM Di Bukittinggi Terima BST Tahap XII Dan XIII Tahun 2021

Walikota Bukittinggi Erman Safar hadiri penyaluran BST di Kantor Pos Bukittinggi
Walikota Bukittinggi Erman Safar hadiri penyaluran BST di Kantor Pos Bukittinggi

Bukittinggi (Minangsatu) - Kementerian Sosial RI melalui Dinas Sosiaal Bukittinggi mulai hari ini dan besok Kamis dan Jumat tanggal 15 dan 16 April 2021 menyalurkan Bantuan Sosial Tunai (BST) tahap XII dan XIII untuk dua bulan sekaligus sebesar Rp600 ribu.

Penyaluran BST ini dihadiri langsung Walikota Bukittinggi H. Erman Safar dimana pada hari ini diberilkan kepada 894 orang Kelompok Penerima Manfaat (KPM) dari Kecamatan Aur Birugo Tigo Baleh dan Guguk Panjang yang dipusatkan di Kantor Pos Cabang  Bukittinggi. Sedangkan untuk Kecamatan Mandangin Koto selayan diserahkan besok (16/04) untuk 892 PKM.

Kepala Kantor Pos Cabang Bukittinggi, Laksmina Murni, penerima sesuai jadwal yang ditetapkan, namun untuk beberapa kondisi penerima seperti, sakit berat, disabilitas atau berhalangan lainnya, pihak Pos akan mendatangi KPM tersebut. 

Informasi sementara, bantuan untuk tahap XIII ini merupakan BST terakhir. Selanjutnya, belum ada keputusan apakah kedepan, bansos ini masih berlanjut atau tidak.

Sementara itu Kepala Dinas Sosial Bukittinggi, Linda Faroza menjelaskan, pemerintah melalui Kemensos tetap menyalurkan bantuan sosial tunai hingga bulan April 2021 ini. Dimana, memang bantuan ini disalurkan sebagai salah satu bentuk perhatian pemerintah terhadap masyarakat dimasa pandemi covid-19.

"Untuk mendistribusikan BST dari APBN ini, pihaknya tetap menjalankan protokol kesehatan pencegahan penyebaran covid-19. Sehingga pendistribusiannya dilakukan bertahap selama dua hari, per kelurahan, sesuai jadwal yang telah ditetapkan," jelas Faroza

Walikota Bukittinggi, H. Erman Safar.SH, mengatakan, BST menjadi salah satu perhatian pemerintah terhadap masyarakat, terutama bagi yang terdampak covid-19 dari segi ekonomi. Kriteria KPM, merupakan mereka yang bukan menerima bantuan sembako tiap bulan dan bukan terdaftar sebagai PKH.

"Sejak awal dulu hingga April 2021 ini, memang terjadi penurunan jumlah KPM. Ada yang meninggal, pindah alamat ke luar Bukittinggi dan beberapa alasan lainnya, setelah dilakukan update data penerima oleh Dinas Sosial. Kami berharap, manfaatkanlah bantuan ini untuk membeli kebutuhan pokok, apalagi di bulan Ramadhan ini. Semoga kita semua diberkahi Allah SWT," ungkap Erman Safar.

Terkait infrormasi, BST yang diberikan pada tahap XIII ini merupakan BST terakhir, Wako juga telah menyampaikan kondisi terakhir masyarakat Bukittinggi kepada beberapa Kementrian terkait. 

"Kami sudah sampaikan kondisi ekonomi Bukittinggi. Dimana, masih banyak warga kita yang belum pulih dari dampak covid-19. Masih butuh bantuan. Semoga ada solusi nantinya dari Kementrian," katanya.*


Wartawan : Anasrul
Editor : Benk123

Tag :#bukittinggi

Baca Juga Informasi Terbaru MinangSatu di Google News

Ingin Mendapatkan Update Berita Terkini, Ayu Bergabung di Channel Minangsatu.com